2.1K
Setelah dipastikan tersingkir dari Toulan Tournament, Garuda Muda tak ingin pulang dengan poin hampa, motivasi mereka untuk meraih poin pertama melawan Scottlandia U-20.

Setelah mengalami kekalahan di dua pertandingan di Toulon Tournament Garuda Muda akan menghadapi Skotlandia U-20 dan memasang target meraih poin pertama. Pada laga pamungkas Group C akan berlangsungkan di Stadion Ladoumegue, Vitrolles, Selasa 6 Juni 2017 malam WIB.

Walaupun duel ini tidak lagi menentukan bagi skuad Garuda Muda, tetapi tetap saja ini adalah pertandingan penting untuk meningkatkan pengalaman pemain muda Indonesia. Kepastian Indonesia tersingkir setelah dikalahkan Republik Ceko 2-0 di pertandingan kedua. Bagi Skotlandia U-20, pertandingan melawan Garuda Muda ini sangat menentukan untuk mastikan langkah mereka ke semifinal. Karena itu, pertandingan ini diprediksi akan berjalan sengit. Kedua tim memiliki motivasi masing-masing untuk meraih poin dari pertandingan ini. Indonesia akan memberikan perlawanan kepada Skotlandia U-20.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan, ia telah meminta pemain untuk tampil maksimal. Indra telah mempelajari permainan Skotlandia U-20 dari duel melawan Republik Ceko U-19 dan Brasil U-20.

“Kondisi anak-anak, semua dalam keadaan baik, dan siap menghadapi laga terakhir lawan Skotlandia. Skotlandia tim bagus, postur mereka tinggi. Apalagi mereka mampu mengalahkan Brasil. Meski begitu, kami harus optimistis. Ini laga terakhir dan kami harus berjuang maksimal demi meraih poin,” tutur Indra.

Hal senada diungkapkan Rachmat Irianto. Bek timnas U-19 ini mengingingkan poin sebagai oleh-oleh mereka dari Prancis. Walau Skotlandia U-20 lebih diunggulkan, Rachmat optimistis mereka bisa mengatasi permainan lawan.

“Kami tetap fight lawan Skotlandia, berjuang keras demi raih poin. Kami tahu mereka tim kuat, namun kami harus percaya diri, dan tampil semaksimal mungkin. Dua laga kemarin menjadi pembelajaran bagi kami agar jangan kalah lagi,” tegas kapten Timnas U-19 ini.

Di lain kubu, pelatih Skotlandia U-20 Scot Gemmill meminta anak asuhnya melanjutkan tren bagus di turnamen ini setelah di laga perdana dikalahkan Republik Ceko U-19. Gemmill mengingatkan pemain agar tidak terlena dengan kemenangan bersejarah atas Brasil U-20.

“Mengalahkan Brasil memang sangat berarti bagi kami. Tapi kami menatap pertandingan terakhir ini dengan peluang lolos ke babak berikutnya. Itu bisa kami raih,” ujar Gemmill.

Ia menambahkan, “Itu (kemenangan atas Brasil) sangat membantu kami. Tapi memang lebih mudah berbicara dibandingkan melakukannya. Pemain harus bisa memperlihatkan kebangkitan dan gairah yang sama.”

Sedangkan pencetak gol tunggal kemenangan Skotlandia U-20 atas Brasil, Greg Taylor, membidik kemenangan di pertandingan terakhir, karena tak ingin nasib mereka ditentukan hasil antara Republik Ceko U-19 dan Brasil U-20 yang juga mempunyai peluang lolos ke empat besar.

“Hasil itu memang bagus, tapi kami harus lebih baik lagi. Sangat penting bagi kami mewujudkan target, dan kami harus fokus terhadap pertandingan melawan Indonesia agar bisa lolos,” tegas Taylor.

Walaupun mengalami kekalahan di dua pertandingan di Grup C tetapi permainan dan semangat juang Garuda Muda patut diapresiasi. Media-media asing yang meliput turnamen ini juga banyak terkejut melihat permainan yang di tunjukkan skuat Indra Sjafri tersebut. Beberapa pemantau bakat (scout talent) klub-klub eropa memantau para pemain muda Indonesia. Ini adalah kabar baik para pemain Garuda Muda dan menjadi motivasi ekstra untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Berikut perakiraan susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-19: Muhammad Riyandi; Nurhidayat Haji Haris, M Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Iqbal, Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra, Hanis Saghara Putra.

Skotlandia U-20: Jack Ruddy; Anthony Ralston, Greg Taylor, Alex Iacovitti, Zak Jules, Kyle Magennis, Joseph Thomson, Ruben Sammut, Oliver Burke, Scott Wright, Aidan Nesbitt.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Preview Indonesia U-19 vs Scottlandia U-20 Toulon Tournament". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !