1.4K

Seperti sudah diduga dan diharapkan banyak orang, Lionel Messi akhirnya meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia 2015. Ini adalah gelar ke-5 Messi, setelah sebelumnya meraih penghargaan tersebut sebanyak empat kali berturut-turut sepanjang 2008-2012. Ia menyisihkan rekan satu timnya, Neymar da Silva Jr dan penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Pemilihan ini dilakukan oleh kapten tim nasional dan pelatih kepala, serta perwakilan media internasional yang ditentukan oleh majalah sepakbola Prancis. Dari mereka, Messi meraih 41,33% suara, Cristiano Ronaldo berada di tempat kedua dengan 27,76% suara. Adapun Neymar mendapat porsi suara paling sedikit yaitu hanya dengan 7,86% suara.

Sejak awal Messi memang menjadi calon kuat peraih penghargaan ini. Selain karena telah mempersembahkan tiga gelar atau trebel musim lalu yaitu La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions atau lima gelar sepanjang 2015, ditambah Piala Supe Eropa dan Piala Dunia Antarklub, aksi Messi sepanjang 2015 juga mengagumkan. Selain itu, sepanjang tahun lalu ia mencetak 52 gol dan 26 asis pada 61 pertandingan untuk Barcelona. Jumlah ini memang lebih sedikit dari jumlah koleksi gol Ronaldo untuk Real Madrid. Ronaldo mencetak 54 gol dari 61 pertandingan untuk Los Blancos pada periode yang sama. Hanya saja, capaian pribadi itu tidak membantu Madrid meraih satu pun gelar.

Karena itu, mantan-mantan pemain seperti Thierry Henry dan Carles Puyol serta pelatih Arsenal Arsene Wenger menilai, Messi paling layak menerima penghargaan ini. Bahkan Henry berpendapat, akan sangat memalukan bila gelar ini tidak diberikan kepada Messi. Senada dengan itu, Poyol berkomentar, akan sangat tidak adil kalau sampai gelar ini diberikan kepada pemain lain.

Harapan-harap mereka yang mewakili harap publik akhir terwujud. Messi menjadi yang terbaik sepanjang 2015. Ayah dari Thiago dan Mateo Messi itu mengaku sangat senang meraih penghargaan tersebut. Ia mengaku penghargaan ini sebagai sesuatu yang istimewa dan nilainya tak terhingga karena sudah diimpikan sejak masa kanak-kanak.

"Ini momen yang spesial untuk saya bisa kembali ke panggung ini, memenangkan lagi Ballon d'Or setelah Anda sekalian menyaksikan Cristiano merebut gelar ini. Sulit dipercaya bahwa ini gelar kelima saya. Gelar ini sangat bermakna dan menjadi mimpi saya sejak kanak-kanak. Saya ingin berterima kasih kepada siapa pun yang memilih saya dan berterima kasih kepada rekan-rekan satu tim," kata Messi dalam sambutannya saat menerima penghargaan yang berlangsung di Zurich, Swiss, Senin (11/1/2016) malam waktu setempat atau Selasa (12/1/2016) dini hari WIB.

"Terakhir, saya ingin berterima kasih kepada sepak bola pada umumnya untuk semua yang sudah diberikan kepada saya, baik untuk situasi dan kondisi yang baik maupun buruk. Sebab semua itu sudah membuat saya belajar dan bertumbuh," ujarnya lebih lanjut.

Sebelumnya ia merebut empat gelar Ballon d'Or secara berturut-turut sejak 2008-2012 sebelum diselangi oleh Ronaldo pada dua tahun berturut-turut yaitu pada 2013 dan 2015. Dengan gelar kelima ini, maka Messi menjadi pemain pertama yang merebut gelar prestisius ini hingga lima kali. Bahkan, menurut Charles Puyol, ia masih akan meraih gelar yang sama pada tahun-tahun mendatang. Sebab Messi sedang berada pada puncak penampilannya. Butuh beberapa generasi untuk melampaui rekor kapten Timnas Argentina ini.

Gelar ini juga menambah koleksi gelar pemain terbaik dunia ke-11 yang diraih para pemain Barcelona. Sebelum Messi, pemain terbaik Barcelona Luis Suarez meraih penghargaan tersebut pada 1960, lalau Johan Cruyff pada 1973-1974, Hristo Stoichkov pada 1994, Rivaldo di 1999, dan Ronaldinho pada 2005.

Kalaupun Messi sedikit kecewa pada acara ini, itu terjadi karena aksi luar biasanya dalam mencetak gol ke gawang Athleti Bilbao pada final Copa Del Rey 2015 gagal meraih penghargaan gol terbaik atau Puskas Award. Ia dikalahkan oleh gol pemain Brasil Wendell Lira. Tapi gelar Ballon d'Or 2015 sudah cukup menghibur Messi dan pencinta sepakbola seluruh dunia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Harapan Publik Terpenuhi, Messi Raih Ballon d'Or 2015". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !