2.6K
Menurut saya, manajemen yang kuat sangat penting dalam situasi seperti ini. Bagian dari pekerjaan sebagai seorang pelatih adalah membentuk karakter pemain sehingga mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan

Liverpool patut kecewa bila Philippe Coutinho pindah ke Barcelona pada jendela transfer musim panas 2017. Pasalnya, klub itu sudah menyulap pemain Timnas Brasil itu menjadi seorang pemain hebat sehingga diburu oleh klub kaya raya sekelas Barcelona.

Pada jendela transfer seperti ini, tidak banyak hal yang bisa dibuat The Reds, selain menunggu kenyataan bahwa Coutinho akan mengenakan seragam Barcelona. Bila ini benar-benar terjadi, kata Ferguson, Liverpool sangat pantas kecewa.

Barcelona sudah tiga kali mengajukan permintaan resmi kepada Liverpool, tapi selalu ditolak. Meski demikian, klub Catalan itu belum mau menyerah dan mereka akan segera mengajukan penawaran keempat sebelum jendela tansfer ditutup Kamis 31 Agustus 2017 waktu setempat.

"Menurut saya, manajemen yang kuat sangat penting dalam situasi seperti ini. Bagian dari pekerjaan sebagai seorang pelatih adalah membentuk karakter pemain sehingga mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan," kata Sir Alex Ferguson pada forum Pelatih-pelatih Elite UEFA di Nyon, Swiss, Rabu 30 Agustus 2017 waktu setempat.

Ia meneruskan, "Dalam sejumlah kasus, memang ada sedikit perubahan. Dalam kasus Coutinho, saya kira, Liverpool layak kecewa karena mereka sudah berhasil membentuk Coutinho menjadi seorang pemain seperti sekarang ini. Namun, dalam situasi seperti ini, tidak ada yang bisa membantu. Kalau saja jendela transfer ditutup pada bulan Juli, maka Coutinho tetap bisa bermain untuk Liverpool karena proses transfer sudah tutup."

Kakek asal Skotlandia yang melatih MU selama 26 tahun sebelum pensiun pada 2013 itu mengusulkan agar jendela transfer pemain di Eropa ditutup sebelum musim baru dimulai pada akhir Juli.

"Dengan demikian, setiap klub tahu siapa saja pemain baru yang mereka miliki dan siapa saja yang pergi, dan tidak harus menunggu seperti sekarang ini. Padahal kompetisi sudah berjalan," imbuhnya lagi.

Meski hingga sekarang nasib Coutinho di Liverpool belum jelas, klub peringkat empat Liga Utama Inggris musim 2016-2017 itu sudah mengantisipasi dengan mendatangkan pemain sayap Arsenal Alex Oxlade Chamberlain. Sejumlah sumber menyebutkan, Liverpool sudah menggelontorkan dana sebesar 40 juta pound atau setara dengan Rp 686, 8 miliar untuk menebus Chamberlain.

Arsenal juga dikabarkan sudah mengizinkan pemain tersebut untuk melakukan diskusi terkait kesepakatan pribadinya dengan Liverpool. Bahkan, pemain 24 tahun ini sudah menjalani tes medis pada Rabu (30/8) di St Goerge's Park, tempat pemusatan latihan Timnas Inggris. Pemain ini sedang berada bersama skuat Gareth Southgate dalam rangka mempersiapkan diri menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Transfer Coutinho, Sir Ferguson: Liverpool Patut Kecewa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !