1.5K
Walaupun sudah dipastikan tersingkir dari Toulon Tournament, Garuda Muda meningkalkan kesan yang menjanjikan yaitu menunjukkan permainan yang menarik dan menjadikan Garuda Muda sebagai wakil Asia dengan rapor terbaik.

Meskipun dipastikan tersingkir dari turnamen Toulon dengan hasil tiga kali kekalahan dan menjadikan Indonesia Muda di dasar kelasmen Grup C, penampilan Garuda Muda di Toulon Turnament 2017 mendapatkan pujian dari panitia pelaksana turnamen tersebut. Mereka menilai, Indonesia adalah wakil Asia terbaik di event tersebut.

Pada 2017 ini, Toulon Turnament diikuti oleh 12 tim dari berbagai penjuru dunia. Dari kawasan Asia, ada tiga tim yang ikut serta yakni Indonesia, Jepang, dan Bahrain.

Timnas Indonesia U-19 masuk di Grup C harus mengakhiri perjalanan mereka dengan menjadi juru kunci. Sebab, skuat Merah Putih kalah saat melawan Brasil, Republik Ceko dan Skotlandia.

"Lawan-lawan di turnamen ini adalah pemain yang umurnya di atas kita. Kata panitia turnamen ini, dibandingkan dengan Jepang dan Bahrain, wakil dari Asia kita lebih baik," ujar pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri usai laga lawan Skotlandia.

Jepang sendiri masuk di Grup A dan duduk di peringkat ketiga dengan mengoleksi dua poin, hasil dari dua kali imbang. Sementara, Bahrain menjadi juru kunci di Grup B tanpa pernah meraih kemenangan.

Walaupun demikian, Garuda Muda dengan kepala tegak mengakui keunggulan lawan-lawannya di turnamen ini. Para garuda muda juga mengakui banyak mendapat pelajaran berharga. Menurut Hanis Saghara Putra, dia dan rekan-rekan setimnya mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga.

"Kami sudah berjuang maksimal di turnamen ini. Saya sangat senang bisa bermain dengan tim-tim yang di atas kita dan negara yang punya nama besar seperti Brasil, Ceko dan Skotlandia. Alhamdulillah saya juga senang banget bisa cetak gol tadi, meski kami harus kalah," ujar Hanis.

Hanis menambahkan, meski kalah terus, namun para penggawa Merah Putih tidak terlalu kecewa. Pasalnya, banyak hal yang bisa mereka petik dari turnamen edisi ke-45 tersebut.

"Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari turnamen ini. Saya bisa mengetahui bagaimana main dengan orang Eropa yang posturnya jauh lebih besar dari Indonesia dan itu pun tidak memengaruhi saya untuk berjuang dan semangat untuk membela negara Indonesia," tandasnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Timnas U-19: Penampilan Menjanjikan, Rapor Indonesia Lebih Baik dari Wakil Asia Lainnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !