4.9K
Kunci keberhasilan Barcelona terletak pada kepercayaan. Mantan penyerang Barca dan Real Madrid itu tetap percaya pada para pemainnya.

Barcelona Membantai Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Kamis 9 Maret 2017 dini hari WIB dengan skor telak 6-1. Skor mencolok ini sekaligus mengantarkan El Barca ke perempat final kejuaraan antarklub paling elite di dunia itu. Barcelona benar-benar menciptakan mukjizat di Camp Nou sekaligus mengukir sejarah sebagai tim pertama yang bisa membalikkan keadaan setelah tertinggal dengan skor sangat telak.

Kesuksesan skuat Luis Enrique ini sungguh di luar dugaan banyak pihak. Pasalnya, mereka sudah tertinggal 0-4 di leg pertama dua pekan lalu di Parc Des Princes. Lionel Messi dan kawan-kawan harus menang lima gol tanpa balas pada pertandingan kedua ini. Bukan mencetak lima gol, justru mereka menggelontorkan enam gol masing-masing lewat Neymar da Silva Jr (dua gol) plus empat gol dari Luis Suarez, Lionel Messi, Sergi Roberto, dan gol bunuh diri pemain PSG, Layvin Kurzava.

PSG sempat nyaris menguburkan perjuangan para pemain Barcelona ketika Edinson Cavani menjebol gawang Marc-Ander ter Stegen untuk memperkecil ketinggalan menjadi 3-1. Tapi dewi fortuna sungguh-sungguh memihak Barcelona.

Lalu apa kunci kemenangan telak Barca ini? Begini jawaban pelatih dan para pemain Barcelona, Luis Enrique dan Neymar da Silva Jr.

Luis Enrique

Luis Enrique menilai, kunci keberhasilan mereka terletak pada kepercayaan. Mantan penyerang Barca dan Real Madrid itu tetap percaya pada para pemainnya. Ia yakin Messi, Suarez, dan Neymar atau Trio MSN mampu membalikkan keadaan. Kepercayaan itu ternyata benar.

"Yang sangat menentukan kemenangan ini adalah kepercayaan; kepercayaann pada para pemain dan para pendukung. Tidak ada satu orang pun di Camp Nou, baik anak-anak mapun orang dewasa akan melupakan apa yang terjadi malam ini. Saya belum pernah melihat persatuan pendukung dan para pemain yang lebih baik dari malam ini. Kami memberi salam kepada mereka," kata pelatih Luis Enrique.

Neymar da Silva Jr

Neymar membenarkan sang pelatih. Menurut Neymar, setelah kekalahan telak di Paris dua pekan silam, ia bersama teman-temannya tidak kehilangan kepercayaan. Sebaliknya, mereka semakin solid dan makin yakin bahwa mereka bisa membalikkan keadaan.

"Kami percaya bisa melakukan ini. Kami tahu bahwa bisa membalikkan keadaan karena kami sudah sering kali melakukannya di banyak pertandingan. Kami percaya pada diri kami sendiri dan merasa sangat mampu bisa melakukan itu," kata Neymar.

Ia menambahkan, "Saya bilang ke Sergi (Roberto) untuk masuk ke kotak penalti dan saya yakin ia bakal mencetak gol. Ketika kami kebobolan, kami sedikit sedih. Tapi hanya dalam hitungan dua menit, kami bisa mencetak dua gol dan huff....datanglah gol penentu kemenangan itu."

"Kami bermain dengan penuh tanggung jawab, sukacita, penuh tekanan, dan terus menguasai bola. Minggu pertama setelah kekalahan telak di Paris kami cukup terpukul. Tapi begitu memasuki minggu kedua, kami tidak sabar lagi menunggu pertandingan ini. Ternyata, kami akhirnya kami mampu mencetak sejarah," pungkasnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Soal Mukjizat di Camp Nou, Begini Kata Enrique dan Neymar". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !