1.3K
Saya tidak memiliki kata-kata lagi guna melukiskan perasaan saya saat ini. Saya sulit mendeskripsikan perasaan saya. Saya hanya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan satu tim, teman, dan keluarga yang selalu mendukung saya terutama ketika saya menghadapi situasi sulit, kata Neymar da Silva Jr.

Misi Brasil merebut medali emas pertama dari cabang sepakbola pada ajang Olimpiade akhirnya terwujud pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah menang lewat adu tendangan penalti melawan Jerman pada laga final yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu 20 Agustus 2016 malam waktu setempat atau Minggu 21 Agustus 2016 pagi WIB. Ini adalah sejarah baru untuk sepakbola Brasil.

Pemain terbaik Brasil yang juga kapten Timnas U-23 Brasil Neymar Da Silva Jr menjadi pahlawan Selecao pada laga tersebut. Ia menjadi eksekutor terakhir tim Samba pada babak adu tendangan penalti guna memastikan meraih medali emas dengan skor tipis 5-4.

Penyerang Barcelona itu juga membawa timnya unggul terlebih dahulu atas Jerman di babak pertama, tepatnya pada menit ke-27, lewat sebuah tendangan bebas spetakuler yang tidak bisa dihentikan kiper Jerman Timo Horn. Sayang, Jerman yang menghancurkan Neymar dan kawan-kawan di timnas senior Brasil dengan skor telak 7-1 pada semifinal Piala Dunia 2014 sukses menyamakan kedudukan sekaligus membungkam publik tuan rumah di babak kedua, tepatnya pada menit ke-59 lewat Max Meyer meneruskan umpan silang Jeremy Toljan. Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga laga usai dan memaksa kedua tim menjalani adu tendangan penalti.

Neymar pun mengaku sangat bangga dengan capaian ini. Ia bersama rekan-rekannya pada akhirnya bisa mencetak sejarah untuk Brasil yaitu mempersembahkan emas pertama dari cabang sepakbola di Olimpiade untuk Brasil. "Pada akhirnya kami bisa mencetak sejarah," kata Neymar seusai pertandingan.

Ia melanjutkan, "Saya tidak memiliki kata-kata lagi guna melukiskan perasaan saya saat ini. Saya sulit mendeskripsikan perasaan saya. Saya hanya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan satu tim, teman, dan keluarga yang selalu mendukung saya terutama ketika saya menghadapi situasi sulit. Ini sungguh tidak mudah. Saya tidak tahu mau berkata apa lagi. Saya sangat gembira saat ini."

Sedangkan pelatih Timnas U23 Brasil Rogerio Micale menilai, hasil ini sangat penting guna merestorasi semangat timnas Brasil yang belum pernah menjuarai turnamen besar lagi. "Kami melihat bahwa sepakbola kami masih hidup. Tidak mati sama sekali. Memang masih ada begitu banyak hal yang harus dipastikan, tapi hari ini kami mampu membuat rakyat Brasil bergembira," ujarnya.

Legenda sepakbola Brasil Pele juga memuji capaian Neymar dan kawan-kawan. Pele mengungkapkan kebanggaannya atas medali emas yang dicapai Timnas Brasil pada Olimpiade Rio de Janeiro ini lewat akun twitternya. "Saya punya begitu banyak kenangan di Maracana dan hari ini salah satu yang baru tercipta. Ini akhir yang indah dari sebuah Olimpiade. Brasil memperlihatkan keluarbiasaan baik di dalam maupun di luar lapangan," tulis Pele di akunnya, @Pele.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Raih Emas dari Sepakbola, Brasil Akhirnya Cetak Sejarah Baru". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !