3.6K
Setelah melewati 14 pertandingan, kami akhirnya sampai di final. Saya akan jauh lebih bahagia bila bisa menjuarai Liga Europa dan ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa mengagumkan

Manchester United (MU) membuka "pintu samping" menuju Liga Champions musim depan setelah lolos ke final Liga Europa. Setan Merah memastikan akan tampil pada laga pamungkas kompetisi antarklub nomor dua di Eropa itu setelah menahan imbang Celta Vigo pada pertandingan leg kedua di Old Trafford, Jumat, 12 Mei 2017 dini hari WIB. Dengan hasil ini, MU unggul agregat 2-1, setelah menang tipis 1-0 pada leg pertama pekan lalu.

Mourinho harus berterima kasih kepada Marouane Fellaini yang membawa MU unggul terlebih dahulu ketika pertandingan baru berjalan 17 menit. Mendapat umpan silang dari Marcus Rashford, pemain jangkung asal Belgia tersebut melepas sundulan dari jarak dekat untuk menaklukkan penjaga gawang Celta Vigo. Sayang, lima menit sebelum laga usai, gawang Sergio Romero juga kebobolan sehingga kedudukan 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Setelah lolos ke final, target pelatih MU Jose Mourino berikutnya adalah menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Ajax Amsterdam di final setelah menyingkirkan Lyon. Hanya dengan begitu mereka akan lolos ke Liga Champions musim depan. Sebab, bila mengharapkan masuk empat besar di Liga Primer, sangat sulit dan bahkan mustahil.

MU kembali ke peringkat enam klasemen sementara dan tergusur oleh Arsenal. Dengan sisa tiga pertandingan, MU bakal sulit berakhir di posisi empat besar dan mendapat jatah satu tiket di Liga Champions musim depan. Mourinho menyadari hal ini. Bahkan, ia sudah lempar handuk untuk merebut posisi empat besar. Itu sebabnya, ia sangat bernafsu menjuarai Liga Europa.

"Setelah melewati 14 pertandingan, kami akhirnya sampai di final. Saya akan jauh lebih bahagia bila bisa menjuarai Liga Europa dan ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa mengagumkan," kata Mourinho setelah pertandingan.

Bila sukses mempersembahkan gelar juara Liga Europa, ini akan menjadi trofi kedua pelatih asal Portugal ini pada musim pertamanya bersama MU. Sebelumnya, ia sudah mengamankan satu gelar juara Piala Liga. Dan, ini akan menjadi gelar Liga Europa kedua Mourinho setelah menjuarai trofi yang sama bersama FC Porto di Portugal sebelum akhirnya dilirik oleh pemilik Chelsea Roman Abramovic pada musim panas 2004.

Lebih dari itu, kesuksesan Mourinho menjuarai Liga Europa musim ini akan memulihkan nama besarnya sebagai pelatih sukses setelah dipecat Chelsea pada Desember 2015 menyusul kegagalannya bersama klub asal London Barat itu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mourinho Buka Pintu Samping ke Liga Champions". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !