4.5K
Kehadiran Essien juga semakin menaikkan gengsi sepakbola Indonesia. Ia menambah gereget jagat sepakbola Tanah Air setelah sebelunya, PSSI merekrut mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Luis Milla, sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Persib Bandung membuat kejutan untuk sepakbola Indonesia. Mereka mengambil langkah berani dengan merekrut pemain kelas dunia, Michael Essien. Pemain asal Ghana ini pernah membela klub-klub elite Eropa seperti Chelsea di Inggris, Real Madrid di Spanyol, dan AC Milan di Italia.

Bintang pemain 34 tahun ini paling bersinar ketika merumput bersama Chelsea di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho. Setelah cedera parah, prestasinya sempat meredup sebelum dipinjamkan ke Madrid mengikuti jejak Mourinho yang melatih klub bertabur bintang tersebut, sebelum kemudian ia dijual ke Milan. Dari Milan ia pindah ke Yanani sebelum akhirnya berlabuh di Persib Bandung.

Meski sudah tidak berada pada penampilan terbaiknya, tapi label pemain kelas dunia membuat harganya sudah pasti tidak murah. Meski pihak Persib tidak mengungkapkan berapa harga mantan kapten Timnas Ghana tersebut. Tapi Persib berani mengambil langkah itu guna memuaskan pendukung fanatik klub itu serta memanjakan publik sepakbola Indonesia. Kehadiran Essien sudah pasti membuat Liga 1 akan semakin menarik.

Kehadiran Essien juga semakin menaikkan gengsi sepakbola Indonesia. Ia menambah gereget jagat sepakbola Tanah Air setelah sebelunya, PSSI merekrut mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Luis Milla, sebagai pelatih Timnas Indonesia. Kehadiran mereka bukan tidak mungkin membuat penggila bola negara tetangga akan memelototi Indonesia.

Lalu untuk apa Essien "bela-belain" datang bermain di Liga 1 Indonesia yang rencananya baru akan dimulai pertengahan April mendatang?

"Semoga saya bisa menjadi awal untuk pemain dunia lainnya merumput di Indonesia. Semoga ini menjadi awal yang baik buat sepakbola Indonesia dan PERSIB," kata Essien yang akan mengenakan nomor punggung 5 di Persib saat diperkenalkan kepada publik bersamaan dengan acara syukuran ke-84 Maung Bandung di Graha Persib sebagaimana dikutip dari situs resmi klub tersebut, Persib.co.id.

Michael Essien bersama Teddy Tjahyono (Sumber Foto: Persib.co.id)

Pemain asal Ghana, Afrika ini mengatakan, ia cukup tertarik bergabung bersama PERSIB karena sepakbola sebagai olahraga terpopuler di Indonesia. Dia pun sepakat dengan kontrak berdurasi lebih dari satu tahun. "Terimakasih telah mendatangkan saya ke sini. Saya senang dan ingin berikan yang terbaik," ucapnya.

Sedangkan manajemen Persib Teddy Tjahyono mengungkapkan, kehadiran pria yang juga pernah membela Bastia dan Lyon di Ligue 1 Prancis itu akan meningkatkan performance tim pada Liga 1 yang akan bergulir pertengahan April mendatang.

"Alasan membawa Michael Essien ini agar bisa meningkatkan nilai kompetisi di Indonesia. Membuka pintu kepada pemain dunia lainnya untuk bisa memperkuat tim di Indonesia. Proses untuk mendatangkan pemain dunia ini cukup sulit. Butuh waktu berbulan-bulan untuk melakukan negosiasi," ujar Teddy pada acara yang sama.

Ia melanjutkan, "Kita harapkan dia (Essien) bisa membawa PERSIB lebih baik. Bisa mempertahankan gelar juara juga."


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Michael Essien Akan Naikkan Derajat Sepakbola Indonesia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !