1.1K
Saya harus berterima kasih kepada Presiden AFA Claudio Tapia atas kesabarannya menunggu saya. Saya dikontrak hingga Piala DUnia 2022 dan berharap bisa melakukan sesuatu yang penting untuk rakyat Argentina.

Presiden Asosiasi Sepakbola Argentina atau AFA Claudio Tapia sudah resmi menunjuk Jorge Sampaoli sebagai pelatih Timnas Argentina. Ia resmi diperkanlkan pada Jumat, 2 Juni 2017 dini hari WIB, setelah menandatangani konktrak berdurasi lima tahun. Ia akan melatih Lionel Messi dan kawan-kawan hingga Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Ini adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Menjadi pelatih Argentina adalah sebuah kerinduan yang sudah lama ada. Saya selalu mengagumi tempat ini. Saya harus berterima kasih kepada Presiden AFA Claudio Tapia atas kesabarannya menunggu saya. Saya dikontrak hingga Piala DUnia 2022 dan berharap bisa melakukan sesuatu yang penting untuk rakyat Argentina," kata Sampaoli saat diperkenalkan secara resmi kepada publik.

Pria 57 tahun itu bertekad untuk membangun Albiceleste yang solid. "Kami harus membangun sebuah tim yang menghormati sejarah sepakbola Argentina. Ada lebih dari 100 pemain yang akan dimonitor. Yang kami inginkan adalah bahwa mereka yang mengenakan seragam Argentina betul-betul memperlihatkan kualitas yang mereka miliki. Apalagi, tim ini bukan hanya soal sekelompok pemain tapi juga 40 juta rakyat Argentina," ujar pria yang juga mantan pelatih Timnas Cile itu.

Sampaoli menerima tugas ini ketika tim Tango itu berada dalam posisi sulit menuju Piala Dunia 2018. Mereka menghuni peringkat kelima zona Amerika Latin menuju Rusia. Dengan sisa tiga pertandingan, Sampaoli mengusung misi wajib menang pada tiga pertandingan tersebut untuk lolos otomatis ke Rusia tahun depan. Hanya empat tim teratas dari Amerika Latin yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia. Tim peringkat kelima harus mengikuti pertandingan play off dari zona Oceania untuk mengamankan satu tiket di putaran final. Satu tiket sudah pasti menjadi milik Brasil yang memimpin zona Amerika Latin.

Meski demikian, Sampaoli yakin Lionel Messi dan kawan-kawan akan lolos otomatis ke Rusia. Tantangan pertama Sampaoli adalah laga melawan Uruguay pada 31 Agustus mendatang. Ia mengusung misi wajib menang pada laga tandang ini. "Posisi sulit di kualifikasi Piala Dunia 2018 adalah sebuah kenyataan. Kita tahu, Argentina memiliki begitu banyak sumber daya untuk lolos ke Piala Dunia. Banyak tim yang berada dalam posisi sulit seperti kami dan memiliki tujuan yang sama dengan kami," kata Sampaoli.

Sampaoli diangkat menggantikan Edgardo Bauza yang dipecat pada 10 April 2017. Bauza hanya delapan bulan berada di kursi panas pelatih Argentina. Sejak itu, nama Sampaoli disebut-sebut bakal menerus Bauza. Hanya saja, AFA tidak bisa dengan segera mengambil keputusan karena pada saat bersamaan Sampaoli masih melatih Sevilla di Spanyol.

Sampaoli akhirnya resmi pulang kampung setelah AFA membayar ganti rugi senilai 1,5 juta euro kepada Sevilla karena Sampaoli mengakhiri kontrak di tengah jalan. Dari sudut kualitas sebagai pelatih, Jorge Sampaoli tidak perlu diragukan lagi. Selama melatih Timnas Cile, dua kali ia membawa negara itu menjuarai Copa America, masing-masing pada 2015 dan Copa America Centenario 2016. Uniknya, kedua gelar itu diraih setelah mengalahkan Argentina di final.

Claudio Tapia menyambut baik kehadiran Sapaoli di Timnas Argentina. "Ini waktu yang sangat penting untuk sepakbola Argentina. Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Jorge Sampaoli," ucapnya.

Sampaoli akan langsung terbang ke Melbourne bersama skuat Argentina pada Jumat 2 Juni 2017 ini. Ia memimpin latihan Lionel Messi dan kawan-kawan di sana menjelang dua laga persahabatan yaitu melawan Brasil pada 9 Juni mendatang dan seminggu kemudian bermain di Singapura.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Lionel Messi Dkk di Timnas Argentina Dilatih Jorge Sampaoli". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !