6.9K
Mengapa harus digugat? Di kancah kompetisi antarklub di Eropa, tim-tim Inggris tidak bisa berbuat banyak. Simaklah di Liga Champions dan Liga Eropa.

Liga Primer Inggris selama ini disebut-sebut sebagai liga terbaik, terketat, dan paling prestisius di dunia. Tapi gelar ini patut dipertanyakan. Jangan-jangan gelar tersebut hanya bersifat semu karena banyak pemain top dunia merumput di sana.

Mengapa harus digugat? Di kancah kompetisi antarklub di Eropa, tim-tim Inggris tidak bisa berbuat banyak. Simaklah di Liga Champions dan Liga Eropa. Musim ini, dari empat tim, hanya tiga tim Inggris yang lolos di babak 16 besar Liga Champions yaitu Leicester City, Arsenal, dan Manchester City. Sedangkan Tottenham Hotspur yang menjadi runner up Liga Primer musim lalu tersingkir di fase grup.

Meskipun, musim ini sedikit lebih baik dibanding tahun lalu. Untunglah, muka mereka masih terselamatkan oleh Manchester City yang bisa melesat hingga semifinal Liga Champions.

Bukti lain dan paling baru mengapa kualitas Liga Primer Inggris harus digugat adalah bahwa dari 11 pemain yang masuk tim terbaik 2016 versi UEFA, tidak ada satu pun pemain yang merumput di Liga Primer masuk dalam daftar tersebut. Justru dari Liga Serie A Italia yang pamornya sudah turun drastis bisa mengutus dua pemain di daftar ini.

Daftar itu paling banyak diisi oleh para pemain dari La Liga Spanyol. Selain trio penyerang Lionel Messi dari Barcelona, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, dan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid, La Liga masih mengutus Luka Modric, Toni Kroos, dan Sergio Ramos dari Real Madrid, serta Andres Iniesta dan Gerard Pique dari Barcelona. Sisanya adalah Gianluigi Buffon dan Leonardo Bonucci dari Juventus dan Jerome Boateng dari Bayern Muenchen.

Dominasi pemain-pemain La Liga ini juga membuktikan bahwa secara kualitas, mereka lebih baik dari Liga Primer Inggris. Di kancah Liga Champions dan Liga Europa, klub-klub Spanyol menjadi raja Eropa dalam tiga tahun terakhir. Trofi Liga Champions digilir antara Real Madrid dan Barcelona. Sedangkan Liga Europa menjadi milik Sevilla selama empat tahun berturut-turut.

Karena itu, menurut saya, tidak pantas liga terbaik dunia disematkan ke Liga Primer Inggris. Justru La Liga menjadi yang terbaik di dunia. Nah, kalau Anda setuju atau tidak setuju, silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kualitas Liga Primer Inggris Patut Dipertanyakan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !