432
Undian untuk fase grup Piala Dunia 2018 akan dilakukan pada 1 Desember 2017 mendatang. Mereka akan terbagi dalam delapan grup (A-H) dan masing-masing grup terdiri dari empat tim. Hanya juara dan runner up grup yang akan lolos ke babak 16 besar.

Peserta Piala Dunia 2018 sudah lengkap 32 tim. Tim terakhir yang lolos ke Rusia adalah Peru yang menang 2-0 atas Selandia Baru, Kamis 16 November 2017 pagi WIB pada pertandingan kedua babak play off di Lima. Mereka menang agregat 2-0 atas Selandia Baru setelah bermain imbang tanpa gol pada leg pertama. Peru menjadi tim ke-32 yang lolos ke Rusia.

Tim ke-31 yang meraih tiket ke Rusia lewat fase play off adalah Australia, setelah menyikat wakil dari Amerika Utara dan Tengah, Honduras, dengan skor 3-1 pada pertandingan di Sydney, Rabu 15 November 2017 malam WIB. Bagi The Socceroos, ini adalah keikutsertaan keempat mereka secara beruntun atau yang kelima sepanjang sejarah Piala Dunia.

Undian untuk fase grup Piala Dunia 2018 akan dilakukan pada 1 Desember 2017 mendatang. Mereka akan terbagi dalam delapan grup (A-H) dan masing-masing grup terdiri dari empat tim. Hanya juara dan runner up grup yang akan lolos ke babak 16 besar.

Ke-32 tim tersebut sudah dimasukkan dalam empat pot masing masing-masing. Penempatannya dilakukan berdasarkan peringkat masing-masing di FIFA mulai dari tim-tim elite dan tim medioker.

Dua pot pertama yaitu pot satu dan dunia dihuni oleh tim-time elite yaitu peringkat 1 sampai 13 ranking FIFA. Dua peringkat terakhir, dihuni oleh wakil-wakil dari Asia, Afrika, dan Amerika Utara, dan Tengah.

Pot pertama dihuni oleh tuan rumah Rusia, ditambah oleh tujuh tim teratas peringkat FIFA yakni Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis

Pot Kedua ditempati oleh tim-tim peringkat 8-13 FIFA yakni Spanyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, dan Kroasia.

Pot Ketiga terdiri dari Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, dan Iran.

Pot Keempat dihuni oleh Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Dengan pembagian seperti itu maka tetap akan ada grup maut ketika Jerman atau Brasil atau Argentina, dan Prancis berada satu grup dengan Spanyol atau Inggris atau Uruguay. Tapi, tanpa Italia dan Belanda, tetap saja Piala Dunia 2018 ini kurang menarik lagi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kira-kira Siapa yang Masuk Grup Maut Piala Dunia 2018?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !