1.1K
Kemerdekaan Katalunya tentu saja akan berdampak bagi salah satu klub terbaik dunia, Barcelona. Jangankan dampak jangka panjang, untuk jangka pendek saja dampak referendum tersebut sudah kelihatan pada laga Minggu, 1 Oktober 2017 saat menjamu Las Palmas di Camp Nou.

Katalunya, wilayah otonomi di Spanyol sudah melakukan refendum pada Minggu 1 Oktober 2017. Dari 2 juta warga yang memberikan suara, 90% dilaporkan setuju Katalunya merdeka dari Spanyol. Ini pukulan telak untuk negeri Matador. Pasalnya, Katalunya adalah wilayah paling makmur di negeri itu dan penyumbang pajak paling besar untuk Spanyol datang dari kawasan tersebut.

Kemerdekaan Katalunya tentu saja akan berdampak bagi salah satu klub terbaik dunia, Barcelona. Jangankan dampak jangka panjang, untuk jangka pendek saja dampak referendum tersebut sudah kelihatan pada laga Minggu, 1 Oktober 2017 saat menjamu Las Palmas di Camp Nou.

Pada pertandingan tersebut, Barcelona bermain di dalam stadion yang kosong melompong. Tanpa disaksikan pendukug fanatiknya. Langkah ini diambil guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Padahal, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu sudah meinta agar laga melawan Las Palmas ini ditunda. Bukannya dijawab dengan baik, otoritas sepakbola Spanyol justru mengancam Barcelona mendapat pengurangan enam poin bila menolak bermain melawan Las Palmas.

Namun, apa dampak jangka panjang terhadap Barcelona dan klub-klub Catalan lainnya seperti Espanyol dan Girona di divisi utama bila Katalunya benar-benar merdeka dari Spanyol?

Bermain di luar La Liga

Para pejabat pemerintahan di Barcelona sudah mengungkapkan bahwa bila Katalunya menjadi negara merdeka, maka Barcelona dan klub-klub lain di kawasan itu akan bermain di Luar La Liga. Paling ramai disebut adalah bawah Barca akan merumput di Liga Primer Inggris. Negara lain yang disebut bakal menjadi tempat pertarungan Barcelona adalah Prancis dan Italia.

Meski semuanya belum jelas, pelatih Arsenal, Arsene Wenger sudah membuat komentar. Menurutnya, bila El Barca benar-benar bermain di Liga Primer Inggris, maka peluangnya menjadi juara semakin tipis. Meski demikian, klub asuhan Ernesto Valverde itu tidak akan bisa dengan mudah masuk ke Liga Primer.

Pasalnya, pernah juga tim-tim Skotlandia seperti Celtic dan Glasgow Rangers juga ingin bermain di Liga Primer Inggris, tapi tidak terwujud juga.

Pada saat bersamaan, bila Barcelona bermain di luar La Liga maka ini sebuah kerugian besar untuk La Liga itu sendiri. Pasalnya, tidak ada lagi pesaingan klasik dengan Real Madrid yang menyedot perhatian publik sepakbola seluruh dunia setiap kali kedua tim ini saling adu kekuatan. Daya tarik La Liga menjadi sangat terdefisiasi.

Karena itu, bukan tidak mungkin La Liga juga akan berjuang agar Barcelona tetap bermain di salah satu kompetisi terbaik di dunia tersebut. Untuk urusan bisnis bola, mereka berkepentingan menjaga daya tarik La Liga dengan mempertahankan Barcelona.

Pada sisi lain, kepergian Barcelona dari La Liga akan menguntungkan tim-tim La Liga lainnya. Minimal, mereka memiliki peluang untuk menjadi juara. Hanya saja, klub-klub itu harus bersaing dengan Real Madrid. Bila kalah bersaing, maka bersiap-siap saja, Real Madrid akan selalu menjadi jawara La Liga.

Nasib Lionel Messi

Tercoretnya Barcelona dari La Liga tentu akan berdampak pada bintang-bintang Barcelona, terutama pemain terbaik dunia Lionel Messi dan Luis Suarez. Ia bakal kehilangan panggung yang lebih besar untuk menunjukkan kebolehannya. Apalagi, kalau Barcelona bermain di liga yang tidak terlalu prestisius, seperti misalnya bermain di Liga Katalunya.

Meskipun, Katalunya sebagai negara baru masih butuh waktu yang panjang untuk menggulirkan liga dan menjadikannya sebagai salah satu liga terbaik di dunia seperti Liga Primer Inggris dan La Liga Spanyol.

Bila ini sampai terjadi, bukan tidak mungkin Messi akan meniggalkan Barcelona. Apalagi, klub-klub kaya raya seperti Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City siap membeli berapa pun harga pemain internasional Argentina tersebut. Kedua klub itu masih menunggu kesediaan Messi pindah dari Camp Nou.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Katalunya Merdeka, Bagaimana Nasib Barcelona dan Messi?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !