926
Ia adalah seorang pemain yang tidak pernah mengalami masalah dengan otot sebelumnya. Mungkin, ia tidak punya pengalaman dalam gejala cedera seperti ini. Padahal kalau saja ia merasa sudah mendapat cedera, ia bisa menghindari kondisi lebih buruk seperti ini.

Pemain muda Barcelona Ousmane Dembele baru saja mendapat kepercayaan tampil sejak menit pertama saat Barcelona menang tipis 2-1 atas Getafe Sabtu, 16 September 2017 lalu. Sayang sekali, ia hanya bermain 29 menit sebelum meninggalkan lapangan karena mengalami cedera otot tendon.

Rupanya, ini bukan cedera ringan. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, pemain 20 tahun yang dibeli dengan harga 105 juta euro dari Borussia Dortmund itu diputuskan harus menjalani operasi di Helsinki, Finlandia. Di sana ia ditangani, Dr Sakari Orava yang sudah berpengalaman menangani para pemain sepakbola dengan cedera yang sama seperti Pep Guardiola yang sekarang melatih Manchester City.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde memiliki pendapat sendiri tentang cedera pemain internasional Prancis tersebut. Menurutnya, faktor utama Dembele mengalami cedera parah ini karena ia belum punya pengalaman.

"Sebenarnya, ia sudah terlihat mengalami masalah ketika melakukan pemanasan. Hanya saja, ia adalah seorang pemain yang tidak pernah mengalami masalah dengan otot sebelumnya. Mungkin, ia tidak punya pengalaman dalam gejala cedera seperti ini. Padahal kalau saja ia merasa sudah mendapat cedera, ia bisa menghindari kondisi lebih buruk seperti ini," kata Valverde.

Ia melanjutkan, "Karena ia adalah seorang pemain cepat, pergerakan yang dibuatnya menjadi hal terburuk untuk otot. Hanya pemain yang berpengalaman yang mengatahui bagaimana mereka harus bergerak guna menghindari cedera otot parah seperti yang dialaminya."

Dengan absennya Dembele, Valverde harus memutar otak lagi mencari pemain yang pas menggantikan posisinya saat Barcelona menjamu Eibar di Camp Nou pada ajang La Liga Spanyol, Rabu 20 September 2017 dini hari WIB nanti. Untunglah, ia memiliki stok pemain yang cukup.

"Ada beberapa pemain yang bisa bermain pada posisi Dembele. Kami memiliki Gerard Deulofeu, Aleix Vidal, Denis Suarez, dan Andre Gomes. Juga ada Tim B. Kami harus mencari alternatif," kata pelatih yang menggantikan posisi Luis Enrique sejak Juni 2017 lalu.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu tentu juga sedih dengan absen pemain termahal Barcelona ini. Ia memperkirakan, Dembele absen hingga tahun baru 2017. Namun, ia akan kembali pada waktu yang tepat. "Pada Januari dan Februari, kami akan menjalani laga-laga sangat penting. Ia akan kembali ketika kami membutuhkannya," kata Bartomeu Senin 18 September 2017 alam waktu setempat.

Ia meneruskan, "Saya sudah bicara dengannya. Ia sangat terpukul, tapi ini normal. Ia juga optimistis dan memberitahu saya bahwa ia akan baik-baik saja. Pada Rabu atau Kamis pekan ini, ia kembali ke Barcelona."


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kata Valverde, Ini Penyebab Dembele Cedera Parah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !