1.8K
Pertandingan ini akan sangat menarik ditonton. Belum lagi, para pemain bintang ada di dua klub ini seperti Romelu Lukaku, Nemanja Matic, dan Victor Lindelof yang baru didatangkan MU pada musim panas 2017. Para pencinta sepakbola tidak sabar lagi melihat aksi mereka dalam balutan seragam barunya.

Rabu, 9 Agustus 2017 dini hari WIB nanti di Philip Arena Stadion Skopje, Ibukota Macedonia, ada pertandingan besar alias "big match" antara jawara Liga Champions Real Madrid melawan juara Liga Europa Machester United (MU) pada pertandingan Piala Super Eropa. Meski ini dua laga para juara dari dua kompetisi berbeda kasta, tapi MU dan Madrid adalah dua tim elite dunia dan sama-sama kaya.

Karena itu, pertandingan ini akan sangat menarik ditonton. Belum lagi, para pemain bintang ada di dua klub ini seperti Romelu Lukaku, Nemanja Matic, dan Victor Lindelof yang baru didatangkan MU pada musim panas 2017. Para pencinta sepakbola tidak sabar lagi melihat aksi mereka dalam balutan seragam barunya.

Di pihak Madrid, mereka memang tidak melakukan belanja besar seperti MU pada musim panas 2017, tapi para pendukungnya tidak sabar lagi melihat aksi Cristiano Ronaldo yang tidak mengikuti tur pramusim karena mendapat izin libur hingga 5 Agustus 2017 setelah membela Portugal di Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Penampilan Ronaldo juga paling dinantikan karena ia sempat marah dengan Madrid dan ingin hengkang dari Santiago Bernabeu menyusul kasus pajak yang menderanya.

Tapi siapa yang bakal menang pada laga ini? Data-data berikut ini, kiranya bisa membantu Anda menentukan pegangan dan pilihan pada laga tersebut.

Lima Pertemuan Terakhir

Kalau pakai ukuran prestasi kedua tim ini pada empat tahun terakhir, MU patut menyandang status under dog alias tidak diunggulkan. Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, MU tidak bisa berbuat banyak baik di Liga Primer Inggris maupun kompetisi Eropa. Sebaliknya, pada empat tahun terakhir, Madrid sudah dua kali menjuarai Liga Champions dan sekali juara La Liga (2016-2017)

Meski demikian, klub berjulukkan Setan Merah tersebut patut diperhitungkan. Pasalnya, dalam lima pertemuan terakhir kedua tim ini baik di Liga Champions maupun laga persahabatan, MU masih cukup dominan atas Madrid.

The Red Devils tiga kali menang dan hanya sekali kalah dari Madrid. Sisanya, berakhir imbang. Paling baru, MU menang adu penalti atas Madrid, setelah bermain imbang 1-1, pada laga tur pramusim di International Champions Cup di Amerika Serikat (AS) 24 Juli lalu. Sebelumnya, pada laga turnamen yang sama pada 2014, MU menang 3-1 atas Madrid. Kemenangan terakhir Madrid atas MU terjadi di ajang Liga Champions 6 Maret 2013. Ketika itu, Madrid disikat 2-1.

Tur Pramusim 2017-2018

Sepanjang pertandingan pramusim baik di Amerika Serikat maupun di Eropa, MU hanya sekali kalah yakni saat dipermalukan 1-0 oleh Barcelona. Sebaliknya, persiapan Madrid menjelang musim baru ini belum terlalu meyakinkan. Pada laga tur pramusim di AS, Los Galacticos dua kali menelan kekalahan masing-masing dari Barcelona (3-2) dan dari MU lewat adu tendangan penalti.

Karena itu, selain berburu trofi dari Piala Super Eropa ini, pertandingan dini hari nanti menjadi persiapan terakhir kedua tim ini sebelum memasuki musim baru 2017-2018 yang dimulai akhir pekan mendatang. Seberapa jauh kesiapan mereka merebut gelar pada musim baru ini akan sangat ditentukan oleh laga ini.

Komentar Pelatih

Zinedine Zidane (Real Madrid)

Kami datang ke sini untuk menang, tidak ada yang lain. Saya sudah berada di Madrid selama 16 tahun, tapi saya pernah bermain bersama tim lain dan melawan Madrid. Mereka selalu ingin mengalahkan Madrid. Ini Real Madrid, tim terbaik di dunia.

Kami tahu bahwa setiap tahun tantangan kami semakin besar, tapi kami memiliki kepribadian yang sangat bagus dan lapar gelar serta tidak pernah lelah memetik kemenangan. Kami juga akan bermain seperti biasa. Kami tidak akan mengubah cara bermain kami, termasuk saat melawan MU pada laga besok (dini hari nanti). Kami semua sudah siap menghadapi laga ini. Kami ingin meraih trofi ini dan untuk itu kami akan bekerja keras dan penuh pengorbanan.

Jose Mourinho (MU)

Adalah sebuah kehormatan bisa melawan Real Madrid yang merupakan juara Eropa dan pengumpul gelar terbanyak. Kami harus betul-betul menikmati momen istimewa ini.

Saya masih punya hubungan yang baik dengan sejumlah pemain Madrid. Kami masih sering kontak lewat telepon, tapi tidak semua. Begitu juga dengan sejumlah pemain Chelsea, Inter Milan, dan Porto. Kalau besok bertemu, saya akan menyalami mereka.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jelang MU vs Madrid, Simak Fakta-fakta Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !