5K
Kami juga tidak memperlihatkan penampilan terbaik kami pada laga ini dan lawan memanfaatkan peluang yang mereka miliki dengan baik

Barcelona menelan kekalahan pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di San Memes, kandang Athletic Bilbao, Jumat, 6 Januari 2017 dini hari WIB. Lionel Messi dan kawan-kawan takluk 1-2. Dua gol tuan rumah dicetak Aritz Aduritz dan Inaki Williams di babak pertama. Sedangkan gol tunggal Azulgrana dicetak Lionel Messi di babak kedua dari sebuah tendangan bebas.

Para pemain Barcelona pun menilai, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kekalahan mereka pada laga ini. Bek Gerard Pique serta dua gelandang Ivan Rakitic dan Andres Iniesta memiliki penilaian sendiri terhadap kekalahan tersebut. Seperti apa pendapat mereka? Simak penuturan mereka berikut ini:

Bilbao Main Kasar

Menurut Gerard Pique permainan kasar Athletic Bilbao menjadi salah satu penyebab kekalahan timnya. Ia menilai, Athletic Bilbao harus bermain kasar untuk menghentikan para pemain Barcelona. Taktik ini terbukti efektif merusak permainan skuat besutan Luis Enrique itu.

Tuduhan Pique itu ada benarnya. Sebab, dua orang pemain Bilbao harus menerima kartu merah karena mengasari Neymar da Silva Jr dan hanya bermain dengan 9 orang pada 15 menit terakhir pertandingan.

"Kalau mereka mengakhiri pertandingan dengan sembilan pemain, itu menunjukkan bahwa mereka harus bermain kasar untuk menghentikan kami. Meski demikian, cukup memalukan bahwa kami tidak bisa menuai hasil imbang. Tapi peluang masih terbuka. Saya sangat optimisits," kata Pique sebagaimana dikutip dari ESPN.

Wasit Kurang Becus

Sementara Ivan Rakitic dan Andres Iniesta menilai, kepemimpinan wasit Borbalan yang tidak terlalu becus menjadi penyebab lain dari kekalahan tersebut.

Sebab, Barcelona seharusnya mendapat hadiah tendangan penalti atas pelanggaran pemain Bilbao terhadap penyerang Neymar da Silva di dalam kotak penalti. Keputusan kontroversial ini membuat para pemain Barcelona protes keras. Bahkan, beberapa pemain klub itu seperti Jordi Alba dan Andres Iniesta harus menerima kartu kuning karena terlampau keras memprotes Borbalan.

"Bila wasit melihat lagi pertandingan ini, saya yakin ia akan mengakui bahwa ia tidak memperlihatkan penampilan terbaiknya malam ini. Saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang wasit," kata mantan pemain Sevilla tersebut.

Kapten Barcelona Andres Iniesta juga tidak ingin terlalu keras mengkritik wasit. Tapi ia jelas sangat tidak puas dengan sejumlah keputusan Borbalan pada pertandingan tersebut.

"Kadang wasit mengambil keputusan yang tepat, tapi kadang juga tidak. Terlepas dari keputusan wasit, laga ini berlangsung sangat ketat seperti biasanya setiap kali bermain di San Memes," pungkas gelandang Timnas Spanyol itu.

Para Pemain Barcelona Main Jelek

Selain kedua faktor tersebut, baik Pique maupun Rakitic sepakat bahwa mereka tidak tampil optimal pada laga ini sehingga menelan kekalahan. Keduanya mengakui, tampil di bawah kualitas yang sebenarnya.

"Di babak pertama, kami tidak berada pada penampilan terbaik dan mereka memanfaatkan itu dengan sangat baik. Tapi di babak kedua, kami lebih berkembang dan bermain lebih bagus," kata Pique.

Pernyataan itu dibenarkan Rakitic. "Kami juga tidak memperlihatkan penampilan terbaik kami pada laga ini dan lawan memanfaatkan peluang yang mereka miliki dengan baik," pungkasnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 3 Faktor Penyebab Kekalahan Barcelona dari Athletic Bilbao". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !