393
Mereka (manajemen) berbicara dengan saya dan meminta saya perihal informasi tentang Klopp dan saya memberikan pendapat. Namun, saya tidak tahu bila Tuchel adalah kandidat terkuat sebagai pelatih klub ini atau kalau ada satu atau dua orang calon lainnya

Sejak pemecatan Carlo Ancelotti dari Allianz Arena menyusul kekalahan telak 0-3 dari Paris Saint Germain (PSG) dua pekan lalu, sejumlah nama disebut-sebut menjadi suksesor. Nama-nama itu akan segera diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Lalu siapa sajakah penerus Ancelotti di Allianz Arena? Berikut daftarnya.

Jupp Heynckes

Kabar paling baru menyebutkan bahwa Jupp Heynckes dilaporkan tinggal selangkah lagi kembali ke Allianz Arena. Hal itu diungkapkan oleh sebuah sumber Sky Sports. Sesungguhnya Heynckes bukan orang baru untuk klub berjulukan The Hollywood itu.

Kakek 72 tahun ini sudah dua kali melatih klub tersebut. Terakhir, ia meninggalkan Alliaz Arena pada 2013 setelah mempersembahkan tiga gelar untuk Die Roten yaitu Bundesliga, DFB Pokal atau Piala Jerman, dan Liga Champions. Ia kemudian digantikan oleh Pep Guardiola pada musim panas 2013 yang kemudian pergi ke Manchester City pada 2016. Ini akan menjadi periode ketiga Heynckes sebagai pelatih Muenchen, tapi kabarnya ia hanya akan menandatangani kontrak hingga akhir musim 2017-2018.

Thomas Tuchel

Sebelum nama Heynckes muncul, nama yang disebut-sebut sebagai calon terkuat penerus Ancelotti adalah mantan pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Kebetulan pria ini sedang menganggur dan tidak menangani satu klub pun sejak tidak memperpanjang kontrak dengan Dortmund pada akhir musim 2016-2017.

Bahkan media-media lokal menyebut nama ini mendapat rekomendasi dari mantan pelatih Muenchen Pep Guardiola, setelah Presiden Muenchen, Ulli Hoeness berjumpa dengan Guardiola di sebuah restoran Italia di Kota Munich, Jerman awal pekan ini. Tuchel disebut-disebut menjadi salah satu penggemar cara kerja Guardiola dan Guardiola juga kagum dengan kinerjanya selama ia melatih Mainz.

Julian Nagelsmann

Pria yang sedang melatih Hoffenheim ini juga masuk dalam bursa suksesor Carlo Ancelotti. Hanya saja, berita tetangnya tidak seheboh Thomas Tuchel. Menanggapi itu, Nagelsmann tidak mau ambil pusing. Ia hanya fokus pada kerja timnya, Hoffenheim.

Juergen Klopp

Mats Hummels (kiri) bersama Juergen Klopp (Sumber Foto: ESPNFC.com)

Nama lain yang disebut-sebut layak dan cocok menggantikan Ancelotti adalah Juergen Klopp yang kini melatih Liverpool. Apalagi, pria Jerman ini memiliki jejak sukses di Bundesliga, terutama ketika melatih Borussia Dortmund. Ia berhasil menjadikan Dortmund sebagai pesaing berat Muenchen di Bundesliga. Bahkan, ia sukses membawa Dortmund dua kali menjuarai Bundesliga Jerman secara berturut-turut pada 2011 dan 2012.

Saat ini, Klopp sedang melewati masa-masa sulit bersama Liverpool. Anak-anak asuhnya tampil tidak konsisten di semua kompetisi baik di Liga Primer Inggris maupun Liga Champions. Malahan, di Piala Liga mereka sudah langsung tersingkir di pertandingan pertama.

Situasi ini meningkatkan tekanan terhadapnya. Karena itu, ia disebut-sebut segera meninggalkan Anfield untuk pulang kampung dan menangani Bayern Muenchen.

Apalagi mantan anak buahnya di Dortmund yang sejak 2016 menjadi pemain Muenchen, Mats Hummels mengaku mendapat tugas dari klub untuk melobi Klopp agar mau pindah ke Allianz Arena.

"Saya mengikuti Juergen Klopp secara lebih dekat karena kami pernah berada bersama selama tujuh tahun ketika ia melatih saya di Borussia Dortmund. Saya sungguh senang ketika ia mengawali musim ini (dengan Liverpool) dengan bagus, tapi sekarang ia dan klub sedang dalam situasi sulit. Namun, ia dan tim bakal keluar dari situasi ini. Memang situasinya tidak buruk-buruk amat, tapi juga tidak sebagus yang mereka inginkan," kata Hummels.

Hummels akan sangat senang bila bisa reuni dengan Klopp sebagai suksesor Ancelotti. "Mereka (manajemen) berbicara dengan saya dan meminta saya perihal informasi tentang Klopp dan saya memberikan pendapat. Namun, saya tidak tahu bila Tuchel adalah kandidat terkuat sebagai pelatih klub ini atau kalau ada satu atau dua orang calon lainnya," imbuhnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Para Calon Pengganti Ancelotti di Allianz Arena". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !