2.4K
Orang lebih banyak menjagokan Manchester City yang diasuh pelatih kelas dunia Pep Guardiola. Tapi, pelatih Chelsea Antonio Conte membalikkan semua prediksi tersebut.

Chelsea sudah memastikan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini tiga pertandingan sebelum musim berakhir. Kepastian ini didapat setelah Eden Hazard dan kawan-kawan memetik kemenangan 1-0 atas West Bromwich Albion pada laga di The Hawthorn, Sabtu 13 Mei 2017 dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan The Blues pada laga ini dicetak pemain pengganti, Michy Bathsuayi pada menit ke-82.

Keberhasilan Chelsea ini tergolong mencengangkan. Pasalnya, mereka melorot dan berakhir di peringkat 10 klasemen akhir musim lalu. Mereka pun tidak dijagokan menjadi juara musim ini. Masuk empat besar saja belum tentu. Orang lebih banyak menjagokan Manchester City yang diasuh pelatih kelas dunia Pep Guardiola. Tapi, pelatih Chelsea Antonio Conte membalikkan semua prediksi tersebut.

Lalu apa kunci sukses Chelsea menjadi kampiun Liga Primer Inggris musim ini? Berikut jawaban orang-orang dalam Chelsea.

Antonio Conte

Pelatih Chelsea asal Italia ini menilai, kunci kesuksesan timnya menjadi juara musim ini adalah sikap, komitmen dan kerja keras para pemainnya. Ini mereka tunjukkan sejak awal musim hingga laga terakhir ketika memastikan gelar juara. Karena itu, ia memuji para pemainnya.

"Saya kira, capaian ini adalah prestasi luar biasa para pemain saya. Karena itu, saya harus berterima kasih atas komitmen dan kinerja mereka. Musim ini mereka memperlihatkan kepada saya sikap dan kesabaran yang hebat serta hasrat untuk melakukan sesuatu yang besar pada musim ini," kata Conte setelah pertandingan.

Kunci sukses Chelsea lainnya, kata Conte, adalah keputusannya mengubah skema bermain dengan memasang tiga bek dalam pola 3-4-3. Keputusan ini diambil setelah Chelsea menalan dua kekalahan beruntun dari Liverpool dan Arsenal. Dengan pola 3-4-3 itu, mereka tampil sangat solid dan memetik begitu banyak kemenangan beruntun. Trio bek Gary Cahill, David Luiz, dan Cesar Azpilicueta menjadi tembok yang sangat sulit ditembus.

"Dalam pikiran saya, ada opsi untuk mengubah taktik menjadi 3-4-3 karena saya tahu karakter Willian dan Pedro. Mereka sama-sama pemain nomor 10. Bermain dengan hanya satu penyerang dan dua pemain nomor 10 akan membuat kami lebih solid dalam bertahan," ujarnya.

David Luiz

Bek David Luiz mengakui gelar juara ini bukan hanya hasil kerja keras pemain, tapi juga dan terutama kerja keras pelatih. Menurutnya, Antonio Conte adalah seoranng pekerja keras yang bekerja 24 jam dan tidak pernah merasa lelah.

"Ia gila kerja. Ini rahasianya. Ia tidak lelah bekerja setiap hari dan bekerja sangat keras. Ia layak mendapat gelar juara ini," katanya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Kunci Sukses Chelsea Juarai Liga Primer 2016-2017". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !