4.3K
Juventus mencetak dua gol dari dua atau tiga peluang yang mereka miliki. Sebaliknya, peluang kami dengan jumlah yang sama gagal menghasilkan gol. Tapi itu juga sangat ditentukan oleh Buffon. Ia melakukan dua atau tiga penyelamatan gemilang

Juventus memetik kemenangan cukup meyakinkan dua gol tanpa balas atas AS Monaco pada leg pertama babak semifinal Liga Champions di Stade Louis II, Kamis 4 Mei 2017 dini hari WIB. Hasil ini memudahkan langkah mereka saat menjamu Monaco di Juventus Stadium pada leg kedua pekan depan. Mereka hanya butuh hasil imbang untuk siap-siap melawan Real Madrid di final. Meski masih menunggu leg kedua, tapi ini akan menjadi sebuah final yang ideal.

Dari kemenangan Juventus atas Monaco ini, ada tiga tokoh kunci yang sangat menentukan kemenangan tersebut. Siapa saja mereka? Berikut jawabannya.

Gonzalo Higuain

Pemain internasional Argentina ini menjadi tokoh kunci kemenangan Juventus atas Monaco. Sebab seluruh gol kemenangan La Vecchia Signora diborong mantan pemain Real Madrid dan Napoli itu. Ia mencetak gol masing-masing pada menit ke-29 dan 59.

Kedua gol tersebut sekaligus memecah kebuntuan setelah ia mandul pada 24 pertandingan di fase gugur Liga Champions. Higuain mengaku, meski lama tidak mencetak gol, ia tetap tenang dan terus bekerja keras hingga lahirnya kedua gol tersebut.

Daniel Alves

Tokoh kunci kedua yang sangat berperan penting pada kemenangan Juventus ini adalah Daniel Alves. Mantan pemain Barcelona ini tidak dipasang di posisi aslinya sebagai full back, tapi sebagai gelandang. Meski demikian, ia menjadi otak dari kedua gol Higuain.

Gol pertama Higuain berawal dari umpan ciamiknya. Mendapat bola umpan dari tengah lapangan, Alves berlari ke kotak penalti dan dibayang-bayangi dua pemain Monaco. Tapi, sebelum kedua pemain itu berebut bola darinya, ia sudah mengirim umpan dengan tumit ke belakang, tanpa melihat arah datangnya Higuain. Pemain yang lari dari belakang ini dan tanpa pengawalan, melepas tendangan kaki kanan ke pojok kiri bawah gawang Monaco yang dikawal Danijel Subasic.

Gol kedua lagi-lagi lahir dari umpan pemain Timnas Brasil ini. Ia menggiring bola di sisi kanan lapangan sebelum melepas umpan lambung ke mulut gawang. Bola tersebut disambut Higuain dengan tendangan kaki kiri sambil menjatuhkan diri dan menempatkan si kulit bundar di pojok kanan bawah gawang Subasic.

Gianluigi Buffon

Pemain veteran ini juga memegang peranan kunci pada kemenangan Juventus ini, lebih-lebih karena ia sukses menjaga gawangnya tetap perawan. Ia melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. Kekokohan Buffon di bawah mistar gawang membuat para penyerang Monaco frustrasi.

Penampilan cemerlang Buffon ini pun mendapat pujian baik dari pelatih Juventus Massimiliano Allegri, rekannya Giorgio Chiellini maupun pelatih Monaco, Leonardo Jardim. “Ia masih kiper nomor satu di dunia. Ia selalu tampil luar biasa di laga-laga besar seperti ini,” puji Allegri setelah pertandingan.

Giorgio Chiellini dan Leonardo Jardim menilai, penapilan Buffon masih sangat sempurna, meski usianya sudah tidak muda lagi. “Gigi (sapaan Buffon) sangat sempurna,” kata Chiellini.

Jardim menambahkan, “Juventus mencetak dua gol dari dua atau tiga peluang yang mereka miliki. Sebaliknya, peluang kami dengan jumlah yang sama gagal menghasilkan gol. Tapi itu juga sangat ditentukan oleh Buffon. Ia melakukan dua atau tiga penyelamatan gemilang.”


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini 3 Tokoh Kunci Kemenangan Juventus atas AS Monaco". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !