165
Legenda itu sudah kembali, bung!

Setelah kita sempat mengelu-elukan ‘Tukang Bubur Naik Haji’ di jagat persinetronan Indonesia, jagat sepakbola juga punya cerita yang sebentar lagi akan segera tayang. Gennaro Gattuso akan segera mendapatkan ‘kenaikan pangkat tahap kedua’.

Kenaikan pangkatnya ini mencuat gegara Pelatih AC Milan, Vicenzo Montella resmi dipecat manajemen empunya klub yang bermarkas di San Siro itu. Milan tak pakai pusing memilih pengganti alenatore yang pernah berjaya sebagai pemain di klub ibukota Italia, AS Roma.

Bersamaan dengan pemecatan itu, Gattuso langsung ditunjuk sebagai pengganti. ‘Preman’ lapangan tengah itu diyakini sebagai pengganti meskipun dengan status caretaker.

Gattuso naik pangkat dari klub yang ia bela selama 13 musim itu setelah melatih tim primavera Milan, walaupun perjalanan karier kepelatihannya tak bisa dibilang mulus, karena petualangannya sebagai pelatih tak jauh dari pemecatan dan pengunduran diri.

Namun, bersama tim junior tersebut, Gattuso dinilai cukup baik sehingga tim utama secara mengejutkan langsung menunjuknya sebagai pelatih sementara.

Perjalananya sebagai pemain pun memang tak terlalu menghebohkan macam pemain berkelas dengan skill olah bola mumpuni. Bisa dibilang, selama di lapangan tengah Timnas Italia dan AC Milan, klub terakhir yang dibelanya ini, peran Gattuso lebih mirip ‘pengawal’ seorang Andrea Pirlo yang diplot sebagai Regista.

Cukup pelik jika lawan-lawannya musti berurusan dengan si ‘pengacau’ ritme permainan lawan ini. Saya ingat dengan dua pemain yang dibuat kerepotan oleh spesialisasinya itu, Pavel Nedved dan Cristiano Ronaldo pernah jadi bulan-bulanannya. Hampir mati tak berkutik! Dengan wajah yang garang, Gattuso merupakan salah satu sosok seram di areal tengah lapangan.

Seringkali jadi pemain starter AC Milan di era Carlo Ancelotti, akhirnya pemain yang memang terkenal ‘doyan’ melanggar— termasuk kolektor kartu kuning—ini melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Berkat kecanggihan keunikannya itu, dari ‘tukang’, Gattuso mulai merangkak dan pede untuk mondar-mandir menukangi banyak tim. Dan kali ini, ia benar-benar diberi kesempatan untuk mencoba bereksperimen pada komposisi tim utama AC Milan sepeninggal Montella yang memang belum memberi raihan maksimal.

Benahi mentalitas AC Milan

Eits, sebentar dulu! Meskipun sebatas caretaker, tetap saja kalau Gattuso akan melatih. Montella keluar, Rossoneri bakal diapakan oleh si pensiunan ‘Preman’ tahun 2013 itu nanti?

Para pemainnya mungkin akan lebih sering kena omelan, nih. Setiap pemain yang mendapatkan kartu, kemungkinan bakalan dikasih bonus. Nakal dikit sama instruksinya, bisa kena tekel. Ingat, legenda itu telah kembali, bung!

Di bawah asuhan Gattuso, tim merah-hitam bakalan ikutan sangar pasti. Percaya deh. Imejnya sebagai pesepakbola dulu, memang sudah membawanya sampai ke jenjang ini. Petualangannya dimulai kembali. Gattuso akan mengambil alih San Siro sekaligus!

Helleh, generasi micin model sekarang ini mana ngeh sama kediktatorannya selama bertugas sebagai ‘prajurit’ dulu? Bagi saya, Gattuso adalah pemain yang nggak pernah bisa tidur nyenyak jika di pertandingan belum sempat dapet kartu kuning. Sikap disiplin dan profesional-lah yang membuatnya terhalang meluapkan hasrat bakatnya tersebut.

Besok, lihat saja! Prediksi saya adalah: Milan akan terbawa arus karakter dan residual energi pesepakbola dari pria 39 tahun tersebut. Langgar dan jegal! Blokade semua ruang kreasi para jenderal-jenderal pengatur ritme permainan lawan! Jangan sampai males-malesan ngerebut bola. Tempel terus pemain kunci lawan sampai dia keluar: menyerah dan minta ganti. Bola datang, libas!

“Dan, siapa tahu? Kamu bisa saya angkat jadi kapten tim! Minimal, jadi langganan starter,” candanya. Saya karang selaku pengagumnya. Inget, ini cuma prediksi.

Sukses terus, Om Gattuso!

Eh, iya. Denger-denger, Timnas Indonesia lagi nyari pelatih asal Italia, tuh! Kali aja cocok, kan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gattuso dari Preman Lapangan Tengah ke Pelatih". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !