1.3K
Dari bursa transfer musim panas ini, yang paling banyak diincar adalah para pemain Timnas Prancis. Meskipun mereka kalah dari Portugal di partai final. Hebatnya lagi, pemain-pemain Les Bleus ini dipatok dengan harga sangat fantastis. Sementara Portugal yang menjuarai Piala Eropa tidak banyak pemainnya yang dibicarakan di bursa transfer.

Jendela transfer musim panas 2016 sudah lama dibuka. Tapi aktivitas paling marak mulai berlangsung sejak pertengahan Juli 2016, tepatnya setelah Piala Eropa usai. Beberapa pemain sudah mendapat kepastian klub baru ketika turnamen empat tahunan itu sedang berlangsung.

Yang lain, proses transfernya rampung hanya selang satu dua hari setelah pesta sepakbola tertinggi di Eropa itu berakhir. Tapi masih banyak pemain yang belum mendapat kepastian tentang klub baru yang akan dibela mulai musim 2016-2017.

Dari bursa transfer musim panas ini, yang paling banyak diincar adalah para pemain Timnas Prancis. Meskipun mereka kalah dari Portugal di partai final. Hebatnya lagi, pemain-pemain Les Bleus ini dipatok dengan harga sangat fantastis. Sementara Portugal yang menjuarai Piala Eropa tidak banyak pemainnya yang dibicarakan di bursa transfer.

Berikut empat pemain Le Bleus yang paling mahal pada bursa transfer musim panas 2016.

Paul Pogba

Gelandang Juventus berusia 23 tahun ini adalah pemain dengan harga jual paling tinggi pada jendela transfer musim panas 2016. Ia juga diincar oleh klub-klub kaya raya Eropa seperti Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United. Ketiga klub ini berlomba-lomba mendapatkan tanda tangan pemain ini.

MU dan Madrid dilaporkan siap menggelontorkan uang di atas 100 juta pound untuk mendapatkan jasa Pogba. Bahkan MU dilaporkan sudah mencapai kesepakatan dengan Pogba dengan harga 101 juta pound serta gaji 211.000 pound per pekan. Sementara Barcelona maksimal menyiapkan 80 juga pound utuk sang gelandang.

MU adalah klub lama Pogba. Ia dilepas MU ke Juventus empat tahun silam ketika masih berumur 19 tahun. Selama di Old Trafford, Pogba tidak mendapat tempat di tim utama Sir Alex Ferguson. Makanya ia dijual ke Juventus. Ternyata keputusan MU itu salah. Di Juventus Stadium, Pogba langsung menjelma menjadi pemain hebat dan menjadi salah satu tulang punggung Si Nyonya Tua dalam empat musim terakhir.

Penampilan yang gemilang itu membuatnya dipatok dengan harga sangat tinggi bagi klub-klub yang meminatinya. Bila Pogba jadi pindah dengan harga fantastis tadi, maka ia memecahkan rekor transfer Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Tapi hingga saat ini, Pogba belum mengambil keputusan. Ia masih mengaku betah dan bahagia di Juventus.

Dimitri Payet

Dimitri Payet (Foto: Sky Sports)

Pemain Prancis lain yang bersinar terang selama Piala Eropa 2016 adalah Dimitri Payet. Penampilan yang apik itu membuatnya diburu tim-tim besar. Tapi West Ham United tidak ingin melepas pemain ini. Kalaupun ada klub yang meminatinya, mereka memasang harga fantastis 100 juta pound untuk Payet.

Menurut salah satu ketua West Ham United, David Sullivan, Payet adalah pemain paling berbakat dan menjadi salah satu pengambil tendangan bebas terbaik di dunia saat ini. Ia sendiri tidak ingin melepas Payet. Tapi kalau ada klub yang berminat, ia dijual dengan harga tidak kurang dari 100 juta pound.

Ada pun Payet, ingin tetap bertahan di Upton Park. Apalagi ia sudah menandatangani kontrak baru empat bulan silam. "Saya sangat tersanjung dengan semua berita tentang klub-klub yang meminati saya. Tapi saya sangat mencintai West Ham. Kami melewati musim yang fantastis dan tidak sabar menunggu bermain di Olympic Stadium," katanya seperti dikutip dari Sky Sports.

Ia melanjutkan, "Saya 100 persen bertahan di West Ham. Saya mencitai klub itu. Saya bisa sampaikan itu kepada para pendukung The Hammers."

N'Golo Kante

Pemain tim Ayam Jantan lainnya yang paling banyak dikejar adalah gelandang bertahan N'Golo Kante. Pemain Leicester City itu diminati klub-klub besar Inggris seperti Arsenal dan Chelsea karena kesuksesannya membawa Leicester menjuarai Liga Utama Inggris musim lalu. Tapi dari kedua tim Kota London ini, Chelsea memiliki peluang lebih besar mendapatkan tanda tangan Kante.

The Blues dilaporkan telah menaikkan tawaran untuk mendapatkan Kante. Mereka mengajukan proposal transfer senilai 29 juta pound. Tapi pada saat bersamaan, Leicester City mengajukan kontrak baru berdurasi empat tahun untuk Kante. Bahkan menurut sejumlah laporan, Kante sudah sepakat dengan Leicester untuk perpanjang kontrak.

Pada Piala Eropa 2016, Kante sempat menjadi pilihan utama pelatih Prancis Didier Deschamps di lini tengah Prancis sejak fase grup hingga perempat final. Di semifinal, ia bermain dari bangku cadangan. Sementara di laga final, ia tidak dimainkan sama sekali oleh Deschamps.

Samuel Umtiti

Bek tengah Les Bleus ini sudah resmi menjadi milik Barcelona. Kamis, 14 Juli 2016 ia sudah berada di Barcelona untuk menjalani sesi foto diikuti tes medis pada Jumat, 15 Juli 2016 ini sebelum menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Pemain 22 tahun yang bisa juga bermain di posisi bek kiri itu dibeli dengan harga 25 juta euro. Untuk menjaganya dari godaan klub lain, Umtiti dipagari dengan klausul harga jual hingga 60 juta euro. (Baca juga: Transfer Pemain, Lucas Digne Akan ke Barcelona).

Umtiti menjadi salah satu pilihan utama Deschamps di bek tengah selama Piala Eropa 2016. Ia tampil bagus terutama saat melawan Jerman di semifinal sehingga sulit ditembus Der Panzer. Tapi akhirnya, ia bisa juga ditembus oleh penyerang Portugal, Eder, pada laga final.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Empat Pemain Les Bleus Paling Mahal di Bursa Tranfser". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !