1.3K
Ketika Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan berkat prestasi Anda, pada saat itu foto Anda akan bertebaran di mana-mana. Tetap semangat dan terus berjuang.

Sebanyak 28 atlet Indonesia sedang mempersiapkan diri bertarung di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Brasil. Mereka berasal dari beberapa cabang unggulan seperti Bulutangkis, Angkat Besi, Atletik, Panahan, dan beberapa cabang lagi. Bulutangkis adalah langganan peraih medali emas, kecuali pada Olimpiade London 2012. Angkat Besi juga sangat bisa diandalkan.

Sebagian besar atlet sudah masuk perkampungan atlet di Kota Rio de Janeiro. Sementara sebagian lagi, terutama para atlet bulutangkis, masih berada di Kota Sao Paulo. Jarak Sao Paulo ke Rio de Janeiro hanya 12 jam bila ditempuh dengan bis. Mereka masih melakukan pemusatan latihan di kota metropolitan tersebut. Mereka baru akan bergabung ke Rio pada 7 Agustus mendatang.

Cabang sepakbola putri Olimpiade 2016 ini sebenarnya sudah dimulai. Meskipun pembukaan resmi turnamen multi cabang empat tahunan ini baru dimulai Jumat, 5 Agustus 2016 di Stadion Maracana. Pada acara defile nanti, tidak semua kontingen Indonesia mengikuti acara pembukaan. Hanya empat atlet yang akan diutus. Pasalnya, sejumlah atlet lain sibuk dengan persiapan karena akan segera bertandingan setelah pembukaan.

Di kantor-kantor berita asing, terutama Associated Press (AP) dan AFP, foto-foto persiapan dan latihan para atlet sudah banyak bertebaran. Bukan hanya itu. Antusiasme warga serta aksi protes rakyat Brasil yang bernuansa politis juga terekam jelas dalam kamera para fotografer. Asal kita memasukkan kata kunci "Olympic Games" saja, semua gambar akan tersaji dari Rio de Janeiro.

Tapi hati saya teriris, ketika saya mencoba mencari foto-foto atlet Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 untuk kepenting berita dengan kata kunci yang sama. Tak satu pun saya temukan foto-foto atlet, apalagi ofisial Indonesia, yang berada di Rio de Janeiro. Padahal, negara-negara lain ada. Sejak mereka datang, disambut, dan latihan. Malahan, foto kontingen Malaysia bisa ditemukan. Kalau Jepang, Korea Selatan atau negara-negara maju lainnya sangat mudah ditemukan.

Saya mencoba memasukkan kata kunci Indonesia di AP. Yang muncul bukannya para atlet Indonesia yang sedang berjuang di Rio de Janeiro, tapi justru foto-foto seputar hukuman mati yang baru dilakukan beberapa waktu lalu di Indonesia. Foto-foto seperti ini tersedia cukup banyak.

Melihat fakta kecil ini, saya menyimpulkan bawah Indonesia memang tidak terlalu diperhitungkan pada ajang Olimpiade 2016 ini. Apalagi, pada empat tahun lalu di London, Indonesia gagal meraih emas. Itu pula sebabnya, fotografer kantor-kantor berita kenamaan jarang melirik para atlet Indonesia. Mungkin juga karena mereka tidak terkenal.

Tapi tidak apa-apa. Para atlet Indonesia tidak perlu berkecil hati. Tunjukkan bahwa Anda bisa berprestasi. Buktikan kepada dunia bahwa kalian bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional. Ketika Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan berkat prestasi Anda, pada saat itu foto Anda akan bertebaran di mana-mana. Tetap semangat dan terus berjuang.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Di Balik Nihilnya Foto Atlet Indonesia pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !