4.3K
Apakah Atletico bisa membalas dua kekalahan tersebut? Simak dulu beberapa fakta menarik berikut ini:

Real Madrid menjamu rival sekota, Atletico Madrid, pada leg pertama babak semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu 3 Mei 2017 dini hari WIB nanti. Ini merupakan laga ulangan final Liga Champions 2014 dan 2016. Pada dua laga tersebut, Atletico tidak bisa berkutik.

Karena itu, ada misi balas dendam yang diusung pelatih Atletico, Diego Simeone pada laga nanti. Ia penasaran, bagaimana bisa mengalahkan Real Madrid di Liga Champions. Meskipun sedikit sulit, tapi pelatih asal Argentina itu tetap menyimpan hasrat membalas dua kekalahan dari Madrid di final Liga Champions.

Apakah Atletico bisa membalas dua kekalahan tersebut? Simak dulu beberapa fakta menarik berikut ini:

Lima Pertemuan Terakhir

Baik Real Madrid maupun Atletico Madrid memiliki catatan yang hampir mirip pada lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Madrid meraih empat kemenangan dan satu kali kalah di berbagai kompetisi. Satu-satunya kekalahan Los Blancos dialami di Santiago Bernabeu saat kalah 2-3 dari Barcelona di ajang La Liga 23 April 2017 lalu.

Sementara Atletico hanya memetik tiga kemenangan, sekali kalah, dan sekali imbang pada lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Mereka kalah dari Villarreal di Vicente Calderon pada ajang La Liga, 25 April 2017. Sedangkan satu hasil imbang diraih ketika melawan Leicester City pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 18 April 2017.

Rekor Pertemuan

Sedangkan bila ditilik dari rekor pertemuan Madrid versus Atletico pada lima pertandingan belakangan, kedua tim ini cukup berimbang. Mereka sama-sama saling mengalahkan sekali, sedangkan tiga laga lainnya berakhir imbang. Pertemuan terakhir mereka terjadi di ajang La Liga di Santiago Bernabeu pada ajang La Liga 8 April 2017. Ketika itu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Sementara kekalahan terakhir Atletico dari Madrid terjadi di Vicente Calderon 19 November 2016 di ajang La Liga. Atletico kalah 0-3. Sedangkan kemenangan terakhir Atletico atas Madrid terjadi di Santiago Bernabeu pada 27 Desember 2016.

Kondisi Pemain

Dari sudut kondisi pemain, Real Madrid sedikit lebih beruntung dibanding Atletico. Madrid hanya akan kehilangan Gareth Bale dan Pepe yang masih dilanda cedera. Sisanya, termasuk Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, siap tempur.

Beda dengan Madrid, Atletico sedang mengalami krisis pemain belakang. Para bek andalan seperti Juanfran, Gimenez, dan Fernandez tidak bisa tampil karena cedera. Pelatih Diego Simeone harus putar otak untuk membangun lini pertahanan yang solid guna menjaga gempuran Ronaldo dan kawan-kawan.

Faktor Tuan Rumah

Madrid juga akan diuntungkan karena akan bertindak sebagai tuan rumah. Publik Santiago Bernabeu sudah pasti akan memberi dukungan habis-habisan bagi Ronaldo dan kawan-kawan. Tapi bagian lain dari Kota Madrid yang menjadi wilayah Atletico juga sudah pasti akan memadati Santiago Bernabeu.

Hanya ada satu catatan yang perlu diperhatikan, yaitu bahwa kadang-kadang Bernabeu tidak terlalu serem untuk klub-klub elite seperti Barcelona dan Atletico. Artinya, Rojiblancos tetap memiliki peluang untuk mempermalukan Madrid di depan pendukung mereka sendiri.

Melihat fakta-fakta itu, pelatih Madrid Zinedine Zidane mengaku bahwa mereka tidak menjadi tim favorit pada laga nanti. Sebaliknya, baik timnya maupun Atletico sama-sama memiliki peluang alias 50:50.

"Kami bukan favorit. Pada fase gugur seperti ini, peluangnya masih 50:50. Kami sudah sama-sama tahu dengan sangat bagus. Persaingan dengan Atletico Madrid tidak berubah sejak saya sebagai pemain. Ini derbi ibukota dengan tensi yang sangat tinggi dan tidak berubah sampai hari ini," kata Zidane menjelang pertandingan ini.

Ia menambahkan, "Kami harus mengerahkan seluruh kemampuan terbaik kami. Bila sudah melakukan itu, kita tunggu saja hasil akhirnya. Kami harus membuktikan bahwa kami adalah tim yang cukup bagus. Kami akan melakukan segala sesuatu dengan kekuatan kami untuk memenangi laga ini."

Sementara pelatih Atletico, Diego Simeone menilai, Madrid akan mencoba melukai pasukannya pada menit-menit awal. "Mereka akan tampil kuat sejak awal. Mereka akan mencoba melukai kami pada menit-menit pertama dengan menyerang penuh intensitas. Karena itu, kami akan bermain senyaman mungkin dan tidak terbawa gaya permainan mereka," katanya dalam jumpa pers menjelang pertandingan ini.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bisakah Atletico Atasi Dominasi Real Madrid?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !