1.9K
Kami bertanding melawan juara Eropa yang menciptakan banyak peluang, tapi kami juga cukup membahayakan mereka. Kami bisa menjinakkan Ronaldo dan mencatat hampir 60% penguasaan bola. Kami layak mendapat banyak pujian atas penampilan dan cara bermain kami melawan melawan juara Eropa.

Portugal ditahan imbang 2-2 oleh Meksiko pada laga pertama Grup A Piala Konfederasi 2017 di Kazan, Rusia, Senin 19 Juni 2017 dini hari WIB. Hasil imbang ini dinilai sebagai hasil yang adil setelah kedua tim jawara Eropa dan Amerika Tengah dan Utara ini menyajikan pertandingan yang menarik dan menghibur.

Selecao das Quinas, julukan untuk Portugal dua kali unggul duluan masing-masing lewat gol Ricardo Quaresma di babak pertama dan Cedric Soares hanya empat menit menjelang pertandingan berakhir. Sementara, dua gol penyamakan kedudukan dari El Tri, julukan Meksiko masing-masing dibuat Javier "Chircharito" Hernadez tiga menit sebelum turun minum dan Hector Moreno di menit pertama tambahan waktu atau menit ke-90+1.

Dalam jumpa pers setelah pertandingan, pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio mengaku puas dengan kesuksesan anak-anak asuhnya meredam kapten sekaligus pemain bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Hasil dari laga melawan jawara Eropa ini, kata dia, juga cukup membanggakan.

“Kami bertanding melawan juara Eropa yang menciptakan banyak peluang, tapi kami juga cukup membahayakan mereka. Kami bisa menjinakkan Ronaldo dan mencatat hampir 60% penguasaan bola. Kami layak mendapat banyak pujian atas penampilan dan cara bermain kami melawan melawan juara Eropa,” ujarnya sebagaimana dikutip dari FIFA.com.

Pelatih Portugal Fernando Santos juga memuji penampilan menawan Meksiko tersebut. “Kami sudah mempersiapkan pertandingan ini dengan sangat bagus dan kami melawan sebuah tim yang secara teknik juga sangat bagus. Kami mencoba menjaga penguasaan bola sejak awal, tapi kami bisa menjaga gaya permainan kami sendiri dan seharusnya bisa memenangi laga ini. Saya kira, hasil ini cukup adil karena Meksiko bermain sangat bagus,” kata mantan pelatih Timnas Yunani tersebut.

Pada bagian lain, ia mengkritik keputusan wasit yang menganulir gol yang dicetak Pepe pada menit ke-21. Berawal dari tendangan bebas Cristiano Ronaldo dari jarak 30 meter yang berhasil dibendung tembok pertahanan Meksiko, namun penyerang Real Madrid, yang sedang gerah dan marah dengan klubnya itu karena kasus pajak, berhasil meraih bola dan melepas tendangan ke gawang. Bola masih membentur mistar gawang, namun bola pantul berhasil diteruskan Pepe ke dalam gawang. Pepe sudah merayakan gol tersebut, tapi wasit asal Argentina Nestor Pitana menganulir setelah berkonsultasi dengan hakim garis. Pepe dituduh berada dalam posisi off side sebelum mencetak gol.

“Ada aturan dan bila mereka menguntungkan sepakbola tentu saja luar biasa. Namun, belum ada satu orang pun yang bekerja dengan sangat bagus. Itu bola pertama setelah Cristiano melepas tembakan ke gawang. Jadi, keputusan ini sangat membingungkan,” kata Santos.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bermain Imbang, Begini Komentar Pelatih Meksiko dan Portugal". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !