344
Sangat berat menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya.

Timnas Jerman memperlihatkan kelasnya sebagai jawara dunia sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018. Bayangkan, mereka tampil sangat sempurna dengan memenangi seluruh pertandingan di Grup C. Total, mereka mengoleksi 30 poin setelah menang 5-1 atas Azerbaijan pada laga terakhir di Mainz, Senin 9 Oktober 2017 dini hari WIB.

Hasil sempurna ini membuncahkan harapan para penggila bola di negeri Bavaria itu, dan para pendukung mereka di seluruh dunia, bahwa mereka bisa mempertahankan gelar juara dunia tahun depan.

Tapi, tantangan mereka tetap saja datang dari rival abadinya dari Zona Amerika Latin, Brasil yang juga sudah memastikan tiket ke Rusia sejak jauh-jauh hari. Kedua tim ini sudah ketemua di semifinal tiga tahun lalu, dan Selecao dibantai habis sama pasukan Joachim Loew yang akhirnya keluar sebagai jawara.

Setelah itu, baik Jerman maupun Brasil mengalamai perubahan drastis. Lebih-lebih Jerman, Joachim Loew berhasil menjadikan para pemain muda sebagai tulang punggung dalam mencapai hasil sempurna selama kualifikasi alias road to Russia. Pemain-pemain senior hanya tinggal Mesuit Oezil, Sami Khedira, Thomas Mueller dan beberapa lagi. Sisanya adalah muka-mua baru yang siap bersinar dan mengguncang dunia tahun depan.

Para pemain muda racikatan Joachim Loew inilah yang akan memikul tanggung jawab dan misi mempertahankan gelar juara dunia. Apakah Joachim Loew bisa menjawab tanggung jawab itu dengan baik?

Sejak awal Loew merendah. Menurutnya, hasil selama kualifikasi ini tidak bisa jadi ukuran untuk meraih prestasi setara pada putaran final Piala Dunia 2018 nanti. Pasalnya, suasana persaingan selama kualifikasi sangat berbeda dengan putaran final. "Sangat berat menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya," imbuhnya setelah menang atas Azerbaijan.

Meski demikian, Loew masih punya waktu hampir satu tahun mempersiapkan tim mudanya mewujudkan mimpi menjuarai Piala Dunia secara berturut-turut. Keberhasilan para pemain muda ini membuat kritikan terhadap Loew berkurang dengan sendirinya.

Ya, Loew sudah melatih Timnas Jerman sangat lama. Ia menjadi asisten Juergen Klinsman pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Ketika itu mereka gagal total setelah kalah dari Italia di semifinal. Italia kemudian keluar sebagai juaranya. Sejak 2006 itu, Loew menjadi pelatih kepala dan Piala Dunia 2018 akan menjadi yang ketiganya sebagai pelatih di Piala Dunia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Apakah Jerman Akan Kembali Menjuarai Piala Dunia 2018?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !