72.6K
Kehadiran pemain bintang ke Camp Nou dan kegemaran para petinggi Barcelona membeli pemain membuat asa mereka mengejar mimpi membela tim utama Catalan menjadi sirna. Siapa sajakah mereka?

Musim lalu, Barcelona B tidak mampu bersaing. Mereka tergusur ke divisi tiga liga spanyol musim ini. Para pemainnya perlahan-lahan meninggalkan klub kesayangan mencari peruntungan ke klub lain. Ada yang dipinjamkan, ada yang dijual, bahkan dijual murah. Beberapa pemain sempat dipromosikan ke tim senior, tapi kalah bersaing. Kehadiran pemain bintang ke Camp Nou dan kegemaran para petinggi Barcelona membeli pemain membuat asa mereka mengejar mimpi membela tim utama Catalan menjadi sirna. Siapa sajakah mereka?

1. Allen Halilovic

Digadang-gadang sebagai the next Messi, Barcelona “menyekolahkan” Allen Halilovic ke Sporting Gijon. Dipinjamkan sampai akhir musim ini, pemain asal Kroasia mampu menunjukan magisnya musim ini bersama klub barunya. Barcelona merekrut pemain berusia 19 tahun tersebut dari Dinamo Zagreb tahun 2014 silam.

2. Adama Traore

Traore bergabung dengan akademi Barcelona, La Masia, pada 2004 silam. Setelah lama bermain untuk Barcelona B, Traore menjalani debut di tim senior Barca pada November 2013 saat menjamu Granada, era Tata Martino. Ketika kursi kepelatihan berpindah ke Luis Enrique, Traore kerap diikutsertakan dalam tur pramusim, dan beberapa kali dimainkan dalam laga kompetitif. Traore menyumbang satu gol ketika Barcelona pesta gol 8-1 saat menjamu Huesca dalam laga Copa del Rey musim 2014-2015. Namun, dalam perjalanan musim kompetisi, ia kalah bersaing dengan Leonel Messi, Neymar, dan Rafinha. Kedatangan Luis Suares musim lalu menambah runyam mimpi Traore bermain di tim inti. Situasi tersebut menguatkan tekatnya untuk “belajar” lebih banyak ke Aston Villa.

3. Grimaldo: Terpaksa Dijual Murah Karena Tidak Mau Memperpanjang Kontrak di Camp Nou

Benfica memancing di air keruh. Pemain belakang Barca tersebut tidak mau memperpanjang kontrak yang kan berakhir pada bulan Juni mendatang. Klub Catalan tidak mau melepaskan anak didiknya begitu saja. Akhirnya mereka menjual Grimaldo dengan mahar sangat murah, 1.5 juta euro.

4. Jean Marie Dongou: Mantan Anak Didik Tata Marthino

Dongou bergabung ke Barcelona B pada tahun 2008 melalui Samuel Eto'o Foundation. Penampilan apik bersama Barcelona B menarik perhatian (mantan) pelatih Barcelona Gerardo ‘Tata’ Martino. Dongou melakukan debut bersama tim utama Barcelona saat tour pramusim. Pada 6 Desember 2013, Dongou membuat debut resminya dengan Barcelona, menggantikan Alexis Sánchez dalam kemenangan 4-1 melawan FC Cartagena pada ajang Copa del Rey. Dia mencetak gol penutup. Sejak kepergian Martinho, Dongou jarang dimainkan, hingga akhirnya berlabuh ke Real Zaragoza.

5. Aitor Cantalapiedra

Pemain sayap melakukannya debut saat Barcelona melawat ke Villanovense dan bermain lagi melawan klub yang sama saat debut kandang pertama. Penampilannya yang gemilang memikat Villareal dan membelinya pada akhir musim lalu.

6. Macy Bagnack

Bermain pada posisi bek tengah, Macy saat ini sedang nganggur. Ia tengah mencari klub baru setelah hengkang dari Barcelona B awal bulan ini. Pemain asal Kamerun tersebut menjadi salah satu hasil orbitan Tata Martino pada musim panas 2013.

7. Lionel Enguene: reuni dengan Eto'o di Antalyaspor

Pada bulan Januari, Barca menjual beberapa gelandang mudanya. Salah satunya adalah Lionel Enguene. Bintang muda asal Kamerun tersebut masuk klub Catalan melalui Samuel Eto'o Foundation. Oleh karena Barcelona B terdegradasi ke kasta ketiga liga Spanyol musim ini, Enguene memilih hengkang ke Turki untuk bergabung dengan Eto'o di Antalya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Pemain La Massia Yang Eksodus". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !