5.3K
Lalu apa kunci kesuksesan MU dalam enam kemenangan beruntun itu? Berikut jawabannya.

Manchester United (MU) memetik enam kemenangan beruntun di Liga Primer atau tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi atau tidak terkalahkan pada 13 perandingan. Total, mereka mengoleksi 18 poin di liga, sehingga jumlah angka mereka di papan klasemen saat ini adalah 39. Hanya saja, Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan belum beranjak dari posisi enam klasemen sementara.

Meski demikian, mereka hanya tertinggal lima poin lagi dari Liverpool yang masih duduk di posisi kedua klasemen sementara dan satu angka dari Arsenal di peringkat keemmpat. Mereka hanya kalah selisih gol dari Tottenham Hotspur yang berada satu tingkat di atas MU.

Tapi baik Arsenal maupun Tottenham potensial menjauhi Setan Merah bila sukses menaklukkan lawan-lawannya pada pertandingan Selasa 3 Januari 2017 dan Rabu 4 Januari 2017. Arsenal akan melawan Bournemouth, sementara Chelsea akan ditantang Tottenham Hotspur di White Hart Lane.

Lalu apa kunci kesuksesan MU dalam enam kemenangan beruntun itu? Berikut jawabannya.

Faktor Jose Mourinho

Mantan bek MU dan Timnas Inggris Gary Neville menilai, peran Mourinho sangat penting dalam mengembalikan tingkat kepercayaan diri para pemain MU. Meski tersandung masalah karena selalu emosional di pinggir lapangan plus komentar-komentar pedas tentang kinerja wasit di Inggris, tapi suntikan kepercayaan diri terhadap para pemainnya menjadi salah satu kunci MU meriah kemenangan demi kemenangan.

Mourinho berhasil mengembalikan mental juara MU yang sempat hilang sejak Sir Alex Ferguson mengundurkan diri pada musim panas 2013. Buktinya, ketika sempat tertinggal melawan Middlesbrough, MU berhasil membalikkan keadaan dan memetik tiga poin dari laga yang berlangsung di Old Trafford akhir pekan lalu tersebut.

Zlatan Ibrahimovic

Tak bisa dipungkiri, kunci kesuksesan MU lainnya adalah Ibrahimovic yang didapat MU dari Paris Saint-Germain (PSG) secara cuma-cuma pada musim panas 2016. Sebab, sejauh ini, penyerang asal Swedia itu sudah mencetak 17 gol untuk Setan Merah dan menjadi pencetak gol utama bagi MU. Terakhir, ia mencetak gol saat MU menang 2-0 atas West Ham United di London Stadium, Selasa, 3 Januari 2017

Bahkan, Mourinho sendiri pernah berujar bahwa bila Ibra sampai cedera, maka itu menjadi sebuah bencana untuk MU. Karenanya, ia sangat menjaga agar Ibra tidak cedera hingga musim ini berakhir.

Tim Terbaik

Setelah tampil terseok-seok di awal musim, Mourinho akhirnya bisa menemukan tim terbaiknya. Di bawah mistar gawang ia menaruh kepercayaan penuh kepada David De Gea. Sedangkan di jantung pertahanan, Jones dan Marcos Rojo tidak tergantikan. Keduanya diapit oleh Antonio Valencia di bek kanan dan Matteo Darmian di kiri. Di lini tengah, gelandang jangkar sudah menjadi milik Paul Pogba, Ander Herrera, dan Michael Carrick plus Juan Mata. Sedangkan di depan, ia mengandalkan Ibra.

Dia luar itu, Mourinho masih memiliki Wayne Rooney, Marcus Rashford, dan Anthony Martial yang siap dimainkan kapan pun baik dari bangku cadangan maupun sejak awal pertandingan untuk menjadi pendamping Ibrahimovic di lini depan.

Pergantian pemain

Salah satu kunci kesuksesan MU memetik kemenangan dalam enam pertandingan terakhir adalah keputusan Mourinho mengganti pemain. Paling mencolok adalah peran Juan Mata dan Marcus Rashford yang pada dua pertandingan terakhir selalu dimainkan dari bangku cadangan.

Kedua pemain ini menjadi penentu kemenangan MU atas West Ham United pada Selasa, 3 Januari 2017 dini hari WIB. Mereka juga menjadi penentu kemenangan 2-1 MU atas Middlesbrough di Old Trafford akhir pekan lalu. Karenanya, mereka disebut Mourinho sebagai amunisi yang sangat penting di bangku cadangan dan keputusan memasukan keduanya di babak kedua sangat brilian.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Kunci Sukses MU Raih Enam Kemenangan Beruntun di Liga". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !